Siswa Sekolah Islam Athirah Tolak Narkoba

Rabu , 01 November 2017 00:41

Penulis : Ilmaddin Husain (Guru Sekolah Islam Athirah)
Editor : Abdul Gafar Syam Mattola

Siswa Sekolah Islam Athirah menyampaikan pernyataan sikap menolak narkoba.

MAKASSAR – Dari tahun ke tahun kasus penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif atau yang disingkat napza semakin mengkhawatirkan. Presiden Joko Widodo bahkan telah menegaskan kondisi Indonesia yang darurat narkoba. Karenanya, seluruh elemen harus bahu-membahu mencegah penyalahgunaan narkoba.

Sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba bagi pelajar dipandang penting dilakukan. Sekaitan dengan itu, Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga bekerjasama dengan Direktorat Bimbingan Masyarakat (Dirbinmas) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan menyelenggarakan sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penyuluhan Masyarakat Dirbinmas Polda Sulawesi Selatan, AKBP Faiza Faisal, S.Sos menyatakan, narkoba mulai menyasar siswa SD dan SMP. Jika dulu pengguna narkoba adalah mahasiswa, maka sekarang penggunanya sudah ada dari kalangan pelajar SD.

“Bahkan pengguna narkoba dari anak SD ini presentasenya meningkat dari tahun ke tahun, ini sangat mengkhawatirkan,” katanya disela-sela sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba di Gimnasium Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga, Jalan Raya Baruga, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (31/10/2017).

Hadir dalam sosialisasi antara lain Wakasek Kesiswaan Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga, Wardah, S.Pd, Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penyuluhan Masyarakat Dirbinmas Polda Sulawesi Selatan, AKBP Faiza Faisal, S.Sos, Kasibintibmas Subditbintibluh Ditbinmas Polda Sulawesi Selatan, AKP Amos, para guru, dan ratusan siswa-siswi SD, SMP, dan SMA Islam Athirah Bukit Baruga.

Dalam sosialisasi, dipaparkan dampak penyalahgunaan narkoba, berupa dampak kesehatan, psikologis, dan lingkungan sosial. Dari aspek kesehatan, narkoba mengganggu sistem saraf (neurologis), menggangu jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler), dan mengganggu fungsi paru-paru.

“Pengguna jarum suntik beresiko tertular HIV/AIDS. Bahkan, bisa menyebabkan kematian,” kata AKBP Faiza.

Pengguna narkoba juga mengalami dampak psikologis yaitu menunjukkan tingkah laku brutal, sulit konsetrasi, perasaan kesan, dan tertekan. Selain itu, sering tampak tegang dan gelisah, kerja lambat dan ceroboh, hilang rasa percaya diri, apatis, penghayal, dan penuh curiga.

“Bahkan cenderung menyakiti diri sendiri,” ujarnya.


HALAMAN 


loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445

Baca Juga close