LIPI Buat Kartu Ucapan Tahun Baru 2018 Terkecil

Selasa , 02 Januari 2018 13:38

Editor : Abdul Gafar Syam Mattola

Kartu ucapan terkecil, hanya butuh mikroskop untuk melihatnya.

JAKARTA - Kartu ucapan tahun baru biasanya seukuran kartu pos. Tetapi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membuat kartu ucapan tahun baru 2018 hanya seukuran virus polio.

“Ini adalah salah satu itikad kami para peneliti untuk memperkenalkan teknologi terbaru yang Indonesia miliki kepada masyarakat luas,” kata peneliti dan pakar karakterisasi nano material Puslit Fisika LIPI, Dr Eni Sugiarti, dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Minggu (31/12/2017).

Ukuran kartu ucapan itu yakni hanya 25 mikrometer. Ukuran ini sama dengan virus polio yang merupakan virus terkecil. Untuk melihat kartu ucapan buatan LIPI ini, kita harus menggunakan mikroskop.

“Kami bertekad untuk terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan,” imbuh Eni.

Tim Peneliti Laboratorium FIB Puslit Fisika LIPI menggunakan metode ukiran dalam membuat kartu ucapan ini. Material wafer silikon diukir dengan memanfaatkan energi dari tembakan ion galium.

Alat yang digunakan adalah Dual-Beam FIB. Alat ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia.

“Semua kalangan boleh memanfaatkan nya. Kita bisa riset bersama nanti,” kata Kepala Puslit Fisika LIPI, Dr. Rike Yudianti.

Sementara itu National Physical Laboratory (NPL) Inggris sebelumnya membuat kartu ucapan natal terkecil di dunia. Ukuran kartu itu hanya 15 x 20 mikron atau lebih kecil dari rambut manusia. Ada pun ukuran 1 mikrometer sama dengan 1/1.000.000 meter. (Sumber : Detiknews.com)


loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445