Logo Lintasterkini

Danlantamal VI-Basarnas Kerahkan Tim Evakuasi Korban KMP Maju Lestari

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Selasa, 03 Juli 2018 20:50

Danlantamal VI, Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono.
Danlantamal VI, Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono.

MAKASSAR – Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI), Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono mengerahkan Tim SAR Lantamal VI untuk membantu pencarian korban tenggelamnya Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Maju Lestari. Kapal yang mengangkut 139 penumpang ini tenggelam di wilayah Perairan Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018).

Adapun pengerahan Tim SAR dari Lantamal VI terdiri dari unsur KRI Madidihang-855 (bantuan dari Koarmada II), KAL Suluh Pari I.6-60 dan Sea Rider. Tim SAR menyertakan pula dua Tim Marinir yang berangkat dari Dermaga Layang Mako Lantamal VI Makassar.

“Setelah menerima informasi dari pemerintah setempat adanya kecelakaan tenggelamnya KMP Lestari Maju di sekitar wilayah Perairan Kabupaten Selayar, kami sesegera mungkin mengirimkan beberapa unsur di jajaran Lantamal VI yaitu KAL Suluh Pari I.6-60 beserta unsur KRI lainnya yang merupakan bantuan dari Koarmada II yaitu KRI Madidihang-855 yang telah melaksanakan PAM VVIP serta KRI Layang-805 yang sedang berada di posisi Perairan Kabupaten Barru,” ujar Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono.

Danlantamal VI mengharapkan kepada para pihak keluarga korban agar tetap bersabar selama masa pencarian korban tenggelam KMP Lestari Maju ini. Ia berjanji, akan berusaha semaksimal mungkin bersama Tim SAR setempat untuk menemukan para korban tenggelamnya kapal penumpang ini, jadi kepada seluruh keluarga korban agar tetap bersabar dan berdoa agar upaya yang dilakukan memperoleh hasil yang maksimal,” tambahnya.

[NEXT]

Tim Basarnas Menuju Lokasi Tenggelamnya KMP Lestari Maju Evakuasi Korban

Sementara itu, Pihak Basarnas Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018) menggunakan Kapal Antasena juga menuju lokasi kecelakaan KMP Lestari Maju yang tenggelam di Perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengenai korban jiwa masih dalam pendataan.

Adapun erugian Materil berupa 1 Unit Kapal KMP Lestari Maju beserta kendaraan yang diangkut. Informasi yang dihimpun, Kapal KM Lestari Maju sedang berlayar menuju Kabupaten Selayar dan diperkirakan terjadi kebocoran di lambung kiri kapal, sehingga tenggelam.

“Basarnas Kabupaten Bulukumba sedang menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi. Sementara BPBD membantu penanganan dan melakukan pendataan,” ujarnya. (*/B)

Penulis : Slamet

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan19 April 2024 13:55
Pemkot Makassar Jadi Pemerintah Kota Pertama di Indonesia Timur Terapkan KKPD
MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mulai menggunakan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD). Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah...
Ekonomi & Bisnis19 April 2024 11:50
Kallafriends Catatkan Peningkatan Transaksi Selama Ramadan Hingga Lebaran
MAKASSAR – Dengan berbagai fitur dan program menarik yang dihadirkan, Kallafriends kini semakin menjadi pilihan pelanggan setia KALLA dalam bert...
Ekonomi & Bisnis19 April 2024 11:44
Indosat Ooredoo Hutchison-Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence
JAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard hari ini menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk berkolaborasi dalam men...
News19 April 2024 11:23
Ditagih Janji Pemberdayaan Pak Ogah, Dirlantas Polda Sulsel Sebut Media Tidak Profesional
MAKASSAR – Kritikan terhadap makin maraknya pak ogah di Kota Makassar tak kunjung usai. Media sosial (Medsos) dan online terus menyoroti makin menja...