Logo Lintasterkini

FKM Unhas Gelar Konferensi Internasional

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 03 Agustus 2019 09:05

FKM Unhas Gelar Konferensi Internasional
FKM Unhas Gelar Konferensi Internasional

MAKASSAR – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menggelar The First International Conference On Nutrition and Public Health (ICNPH), Jumat-Sabtu, 2-3 Agustus 2019. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Departemen Ilmu Gizi FKM Unhas.

Konferensi yang bertempat di Hotel Claro Makassar ini mengambil tema “Accelerating Stunting Reduction Through the First 1000 Days of Life Interventions in Response to Environmental Challenges”. Keynote speech dibawakan oleh Dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO mewakili Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Ketua Panitia, Rahayu Indriasari, Ph.D, dalam keterangannya mengungkapkan tentang pentingnya tema ini. “Konferensi ini dihadiri oleh sekitar 300 orang yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan instansi. Peserta tersebut terdiri atas peneliti, akademisi dan pengambil kebijakan. Adapun pembicaranya berasal dari USA, Australia dan Indonesia. Topik ini sangat penting mengingat masalah stunting sebagai salah satu isu utama masalah kesehatan di Indonesia”, jelas Rahayu yang juga dosen di Departemen Ilmu Gizi.

Kegiatan ini didukung banyak pihak. Universitas Tadulako Palu dan Stikes Mega Buana Palopo bertindak sebagai co-host. Kegiatan ini disponsori oleh Pemerintah Kabupaten Takalar, Pemerintah Kabupaten Banggai, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Yayasan Hadji Kalla, PDAM Kota Makassar, CV Tiga Jaya Sakti, dan Forum Mahasiswa Gizi GKM Unhas. Diluar arena konferensi dimeriahkan dengan pameran.

Topik dan pembicara dalam konferensi ini sebagai berikut:
1. The History and Philosophy of Stunting Control oleh Prof. Soekirman, SKM, MPS-ID, Ph.D (Pakar Gizi Indonesia)
2. Planning and Control of Stunting oleh Dr. Ir. Subandi, M.Sc. (Bappenas RI)
3. Maternal Micronutrient Intervention oleh Kristen Hurley, MPH, Ph.D (John Hopkins University, USA)
4. Effect of Zinc Supplementation in Pregnancy for Stunting oleh Prof. Dr. dr. Nurpudji A Taslim, MPH, Sp.GK(K) (Guru Besar FK Unhas)
5. Getting the Right Micronutrients to the Right Woman at the Right Time oleh Dr. Marie Long, MD (Global Nutrition Empowerment, USA)
6. Nutritional Surveillance-History, Trends, Emerging Opportunities and Key Challenges oleh Prof. Geoffrey Marks, M.Sc, Ph.D (University of Queensland, Australia)
7. Effectiveness of education on supplementation intervention oleh Dr. Neil E. Forsberg (Global Nutrition Empowerment, USA)
8. Best practice: Controlling stunting in Banggai oleh Ir. Herwin Yatim (Bupati Banggai, Sulawesi Tengah)
9. Higher education roles in reinforcing government sectors to reduce stunting oleh Prof. Dr. dr. Abdul Razak Thaha, M.Sc, Sp.GK (Guru Besar FKM Unhas). (*/rls)

Penulis : Renaldi

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan19 April 2024 13:55
Pemkot Makassar Jadi Pemerintah Kota Pertama di Indonesia Timur Terapkan KKPD
MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mulai menggunakan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD). Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah...
Ekonomi & Bisnis19 April 2024 11:50
Kallafriends Catatkan Peningkatan Transaksi Selama Ramadan Hingga Lebaran
MAKASSAR – Dengan berbagai fitur dan program menarik yang dihadirkan, Kallafriends kini semakin menjadi pilihan pelanggan setia KALLA dalam bert...
Ekonomi & Bisnis19 April 2024 11:44
Indosat Ooredoo Hutchison-Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence
JAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard hari ini menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk berkolaborasi dalam men...
News19 April 2024 11:23
Ditagih Janji Pemberdayaan Pak Ogah, Dirlantas Polda Sulsel Sebut Media Tidak Profesional
MAKASSAR – Kritikan terhadap makin maraknya pak ogah di Kota Makassar tak kunjung usai. Media sosial (Medsos) dan online terus menyoroti makin menja...