Antara Pajak, Sri Mulyani dan Modal Presiden

Minggu , 04 Juni 2017 04:05

Penulis : Edy Mulyadi (Direktur Program Centre for Economic and Democracy Studies/CEDeS)
Editor : Abdul Gafar Mattola

Tax amnesty.

LINTASTERKINI.COM - Data Ditjen Pajak menyebutkan, sampai akhir Aril 2017 total penerimaan pajak sebesar Rp.343,7 triliun. Angka ini 18% lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yakni Rp.290,8 triliun.

Tentu saja prestasi ini cukup menggembirakan. Namun, jika dilihat target penerimaan pajak tahun ini Rp.1.307,9 triliun, tentu capaian tersebut belum bisa disebut aman. Kalau dibagi rata-rata tiap bulan, maka Pemerintah harus bekerja ekstra keras menjaring Rp.109 triliun per bulan.

Artinya, semestinya sampai akhir April pajak yang berhasil terkumpul mencapai Rp.436 triliun. Dengan perolehan yang cuma Rp.343,7 triliun selama empat bulan, ada kekurangan dari target sebesar Rp.92,3 triliun. Kondisi tidak aman ini kian terasa jika merujuk pengakuan Direktur

Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Pajak Direktorat Jenderal Pajak, Yon Arsal. Menurut dia, peningkatan penerimaan pajak sampai akhir April tadi tidak terlepas dari kebijakan tax amnesty. Gara-gara pengampunan pajak, kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak ikut terdongkrak.

Sekadar mengingatkan saja, pemasukan dari tax amnesty akan berhenti total pada September tahun ini. Artinya, Pemerintah tidak bisa lagi berharap berkah dari program besutan Menkeu sebelum Sri Mulyani Indrawati, Bambang Brojonegoro tersebut.

Padahal, seperti diakui Sri Mulyani, program tax amnesty menjadi salah satu sebab standard and poors menaikkan rating Indonesia menjadi ke tingkat BBB-alias investment grade.

Dengan fakta ini, suka tidak suka memang harus diakui, penerimaan pajak terdongrak karena pengampunan pajak. Padahal, secara substansi dalam eksekusinya program ini bisa disebut gagal mengemban amanat UU No 11/2016 tentang Pengampunan Pajak.




loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445

Baca Juga close