Logo Lintasterkini

DPP IMM Aceh Minta OKI Maksimalkan Peran Lindungi Rohingya

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 04 September 2017 15:49

Ketua DPD IMM Aceh, Mizan Aminuddin.
Ketua DPD IMM Aceh, Mizan Aminuddin.

BANDA ACEH – Ketua DPD IMM Aceh, Mizan Aminuddin menyayangkan kurang maksimalnya peran Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dalam mengatasi genosida Rohingya. Hal ini disampaikan pada media, Senin (4/9/2017).

Menurut data resmi yang diakui militer dan Pemerintah Myanmar menyatakan, ada 399 orang yang tewas dalam seminggu ini. Mereka adalah 370 gerilyawan Rohingya, 13 aparat keamanan, dua pejabat pemerintah dan 14 warga sipil.

Badan keamanan PBB mencatat sekitar 38.000 warga etnis Rohingya telah menyeberang ke Bangladesh dari Myanmar untuk menghindari operasi militer. Dikatakan Mizan, jika dilihat berdasarkan data korban di atas, Organisasi Kerjasama Islam (OKI) tidak berkontribusi banyak untuk menyelamatkan komunitas Rohingya di Myanmar.

Laporan terbaru Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang minoritas Rohingya mengejutkan dunia lagi dengan deskripsi tentang kekejaman yang dilakukan oleh pasukan keamanan Myanmar. Mulai dari anak-anak yang terpotong sampai mati, perempuan diperkosa hingga seluruh desa dibakar, tindakan brutal ini dapat dibenarkan karena kemungkinan besar merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Meskipun memiliki banyak bukti tentang tingkat pembersihan etnis (Etnic Cleansing) yang dilakukan oleh pemerintah Myanmar, dunia belum melakukan tindakan serius terhadap pemerintah di Naypyidaw yang merupakan ibu kota nasional Myanmar.

“Diantara sekian banyak organisasi yang harus berusaha melindungi Rohingya, ada satu yang jelas harus memimpin inisiatif ini yaitu Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Dari semua entitas internasional, OKI berada pada posisi terbaik untuk melakukan perjuangan komunitas Rohingya,” ujar Mizan.

[NEXT]

Tidak hanya secara resmi mewakili negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim, namun juga menyambut baik negara-negara kuat dengan minoritas Muslim seperti Amerika Serikat, China, dan Rusia untuk memiliki perwakilan mereka sendiri dalam organisasi tersebut.

“Ini memiliki pengaruh untuk memimpin tindakan internasional untuk melindungi Rohingya dan di masa lalu telah membela Muslim yang dianiaya di Palestina, Kashmir dan tempat-tempat lain,” imbuhnya.

Rohingya yang sudah berumur puluhan tahun. Undang-undang Myanmar tahun 1982 bahwa menghapus Rohingya untuk akses kewarganegaraan penuh. Sejak saat itu anggota komunitas Rohingya diusir dari Myanmar. Banyak yang telah melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh dan dari sana ke negara lain.

“Sangat sulit untuk menentukan berapa banyak Rohingya yang bermigrasi tapi saat ini ada sekitar 400.000 di antaranya di Arab Saudi dan sekitar 200.000 di Pakistan dan sebagian besar orang seharusnya melarikan diri melalui Bangladesh,” ujarnya.

Terkait peran OKI, Mizan mengingatkan akan kekurangan organisasi internasional, dunia muslim harus mencari cara untuk membantu orang-orang Rohingya. Ini mengharuskan OKI untuk melakukan pencarian beberapa jiwa untuk keadilan universal dan martabat manusia yang harus dipatuhi.

“Saya pikir pemimpin Dunia Muslim yang paling serius adalah presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang mana mendesak Sekjen PBB Antonio Guterres untuk memberikan tekanan pada pemerintah Myanmar atas kekerasan yang dialami Muslim Rohingya di negara bagian Rakhine,” ungkap Mizan. (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Maret 2024 09:47
Polsek Rappocini Bubarkan Pesta Miras dan Judi, Lima Diamankan
MAKASSAR – Bukannya menjadikan bulan Ramadhan ajang mendapatkan pahala, sejumlah pemuda di Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) malah melakukan pe...
News29 Maret 2024 05:09
Banjir Bandang Terjadi di Kota Palopo, Ketinggian Air 1,5 Meter
PALOPO – Akibat air bah dari hulu Sungai Latuppa menyebabkan banjir kembali menimpa sejumlah wilayah di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), ...
News29 Maret 2024 02:16
Astra Motor Sulsel Resmi Kenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS
MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi m...
News29 Maret 2024 01:57
Produksi Lebih Cepat, Kalla Beton Kembangkan Produk Precast
MAKASSAR – Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangka...