Dukung Ridwan Kamil, Pengamat Nilai Golkar Jabar Lakukan Blunder Politik

Minggu , 05 November 2017 22:47

Penulis : Slamet
Editor : Abdul Gafar Syam Mattola

Ridwan Kamil, Calon Gubernur Jawa Barat yang diusung Partai Golkar.

JAKARTA - Usai Partai Golkar (PG) mengumumkan Ridwan Kamil (RK) sebagai Calon Gubernur Jawa Barat, langsung mendapat tanggapan beragam dari sejumlah kalangan. Keputusan tersebut, dinilai sebagai blunder politik bagi partai beringin, Golkar.

Menurut pengamat politik dan peneliti komite pemilih Indonesia (TePi), Dr. Jerry Massie, Ph.D hal tersebut merupakan blunder politik. Pasalnya, Ketua Golkar Jabar dipegang Dedi Mulyadi. Tidak etis mengusung yang bukan kader sendiri.

“Jadi mengapa bukan Kang Dedi Mulyadi yang diakomodir. Kan pernyataan dari petinggi Partai Golkar beberapa waktu lalu mengisyaratkan bahwa calon Golkar yang akan diusung tak lain adalah Bupati Purwakarta ini,” ujar Massie.

Disatu sisi Massie menyindir sikap Golkar yang terlalu pragmatis, tergesa-gesa serta plin-plan dalam menentukan calon. Mereka setidaknya harus menjaga kredibilitas dan integritas partai. Menurut Massie, selama ini Golkar selalu mengedepankan kadernya terlebih dahulu, baru kader lain. Tapi ini, entah kenapa tiba-tiba dukungan mengarah ke Ridwan Kamil.

Selanjutnya kata Massie, sikap Partai Golkar ini akan mempengaruhi elektabilitas partai beringin. Harusnya Partai Golkar tidak merubah-rubah keputusan. Seyogyanya, Partai Beringin ini mengkaji, menganalisis dan mempertimbangkan terlebih dahulu, dengan tidak langsung terpengaruh dengan hasil survei.

“Bisa saja memilih Walikota Bandung (Ridwan Kamil) tersebut untuk menjadi calon Partai Golkar, asalkan mereka tidak punya punya kader yang berkualitas untuk maju. Saya lihat potensi besar untuk menang ada, tinggal bagaimana strategi perang politik dan isu yang dimainkan partainya Setya Novanto itu. Hal ini menjadi sinyal politik jika Golkar menyerah,” tuturnya.

Meski Ketua DPD I Partai Golkar Jabar Dedi Mulyadi, tidak diusung oleh partainya dalam Pilgub Jabar 2018, posisi Dedi di partai berlambang pohon beringin itu dipastikan masih aman.

“Saya menjamin tidak ada pergantian untuk untuk posisi Ketua DPD Partai Golkar Jabar, tetap Dedi Mulyadi,” kata Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham di Pendopo Kota Bandung baru-baru ini.

Terkait Surat Keputusan Partai Golkar yang bakal mengusung pasangan Ridwan Kamil-Daniel Muttaqien, Idrus menegaskan, semua kader Golkar wajib patuh terhadap surat keputusan itu.

“Kalau sudah keluar surat keputusan Partai Golkar, ditandatangani oleh ketua umum ditandatangani oleh Sekjen, maka hanya ada satu jawaban, yaitu melaksanakan Surat Keputusan itu,” ujar Idrus. (*)

loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445

Baca Juga close