Logo Lintasterkini

Presiden Joko Widodo Irup Upacara HUT TNI ke-73 Tahun 2018

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Sabtu, 06 Oktober 2018 00:37

Presiden Joko Widodo jadi Inspektur Upacara HUT TNI ke-73 tahun 2018.
Presiden Joko Widodo jadi Inspektur Upacara HUT TNI ke-73 tahun 2018.

JAKARTA – Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Parade Peringatan HUT Ke-73 TNI tahun 2018 di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2018). Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono yang sehari-hari menjabat sebagai Asops Kosekhanud II.

Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara (Irup) didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E, M.M, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M dan Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman.

Tema HUT ke-73 TNI tahun 2018 adalah “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”. Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah Prajurit TNI yang mahir berbasis kompetensi, prajurit TNI yang harus kuat, handal dan semua tugas serta kewajibannya didharma baktikan untuk rakyat.

Prajurit TNI yang senantiasa dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit yang merupakan nafas bagi semua prajurit berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan, peran besar TNI dalam sejarah kemerdekaan dan dengan jejak kebesaran Indonesia, TNI akan semakin disegani oleh negara-negara lain dan selalu yang pertama dan terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI serta dalam membantu masyarakat.

Dalam menghadapi bencana alam di Lombok NTB, Palu dan Donggala Sulawesi Tengah serta di tempat-tempat lain wilayah Negara Indonesia, TNI telah mengerahkan personel dan alutsista guna membantu penanganan bencana. Kata Jokowi, TNI bersama Polri selalu terdepan dalam melakukan penyelamatan dan evakuasi.

“TNI juga selalu memegang peran sentral dan memberikan pelayanan kesehatan dan juga rekontruksi. TNI dan Polri selalu yang tercepat dalam memberikan rasa aman bagi masyarakat yang tertimpa bencana,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo memberikan Tanda Kehormatan Republik Indonesia berupa Bintang Eka Paksi Nararya kepada Kolonel Cpl Herry Keswanto, S.H, M.H, M.M, M.Si (Komandan Pusdik Pal Kodiklat TNI AD, Bintang Jalasena Nararya kepada Kapten Mar Sunardi (Kasi UDK Kima Brigif I Pasmar Jakarta) dan Bintang Swa Buana Paksa Nararya kepada Peltu Argo Budi Prasetyo (Bintara Adminku Progar Spersau). (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis25 April 2024 20:28
Hadir di MaRI, Charging Station United E-Motor Solusi untuk Pengendara Listrik yang Padat Aktivitas 
MAKASSAR – Sejak diluncurkan pada Januari 2024, United E-Motor merek motor listrik ternama di Indonesia, menghadirkan fasilitas charging station...
Ekonomi & Bisnis25 April 2024 15:38
Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Perayaan Idulfitri
MAKASSAR – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 17% sepanjang periode Hari Raya Idulfitri 1445 H...
News25 April 2024 15:10
Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik Penerapan SPM
JAKARTA – Standar Pelayanan Minimal (SPM) Sulsel masuk lima besar terbaik nasional bersama Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Jawa Te...
News25 April 2024 14:38
Koalisi Advokasi Jurnalis Sulsel Gelar Aksi Damai Depan PN Makassar
MAKASSAR – Puluhan jurnalis di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang tergabung dalam Koalisi Advokasi Jurnalis (KAJ) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggela...