Logo Lintasterkini

Organisasi Keagamaan di Shincheonji Donasikan Plasma Darah Bantu Pengobatan Covid-19

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 07 September 2020 17:08

Donasi plasma darah oleh Anggota Gereja Shincheonji di Korea Selatan.
Donasi plasma darah oleh Anggota Gereja Shincheonji di Korea Selatan.

LINTASTERKINI.COM–Donasi plasma darah oleh Anggota Gereja Shincheonji di Korea Selatan memfasilitasi pengembangan pengobatan untuk Covid-19, Kamis (27/8/2020) lalu. Sebanyak 1.000 orang anggota dari organisasi keagamaan tersebut berpartisipasi dalam mendonasikan plasma darah untuk pengobatan Covid-19.

Ini merupakan donasi tahap kedua yang dimulai sejak 27 Agustus sampai 4 September 2020 oleh Gereja Shincheonji, sebuah denominasi Kristen dengan jumlah anggota sebanyak300.000 orang di seluruh dunia. Di tengah krisis yang disebabkan oleh melonjaknya penyebaran virus, kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan undangan dari otoritas-otoritas Kesehatan di Korea Selatan pada tanggal 24 Agustus lalu.

Undangan otoritas kesehatan setempat meminta Gereja Shincheonji untuk bekerjasama dalam mendonasikan plasma darah tambahan untuk pengembangan vaksin. Awal tahun ini, sekitar 4.000 kasus terkonfirmasi Covid-19 ditemukan pada anggota Gereja Shincheonji dengan jumlah infeksi terbanyak dari Kota Daegu.

“Sebagian besar diantara mereka sembuh dari virus dengan angka kematian hanya 11 orang. Menurut laporan dari Korea Centers for DiseasesControl and Prevention(KCDC) dan Gereja Shincheonji, 562 orang anggota gereja yang telah pulih dari virus mendaftarkan diri untuk mendonasikan plasma dan 628 orang anggota sudah menyelesaikan donasi sampai pada tanggal 26 Agustus melalui kerjasama antara KCDC dan Gereja Shincheonji,” papar Indri Juliana, aktivis Hak Azasi Manusia (HAM) melalui rilis yang dikirim ke redaksi lintasterkini.com, Senin (7/9/2020).

[NEXT]

Jumlah para pendonordari gereja akan menjadi 1.700 orang sampai kegiatan donasi ini diselesaikan di bulan September. Mengetahui perlunya fasilitasi untuk pengembangan pengobatan melalui donasi plasma dan uji klinis, KCDC meminta untuk donasi skala besar dari para anggota Gereja Shincheonji pada tanggal 24 Agustus.

Kwon Jun-wook, Wakil Direktur dari KCDC pada kesempatan ini mengatakan, dengan kerjasama dari Kota Daegu, Daegu Athletics Center berencana untuk menyediakan tempatdan Green CrossPharma berencana untuk menyediakan peralatan dan personil yang dibutuhkan dari 27 Agustus sampai 4 September.

“Kami mengucapkan rasa terima kasih kepada orang-orang yang berpartisipasi dalam donasi plasma dengan sukarela untuk menyelamatkan pasien-pasien lain setelah pemulihan. Kami secara khusus mengucapkan rasa terimakasih kepada para anggota jemaat Shincheonji, Kota Daegu untuk menyediakan tempat dan kepada Korean Red Cross,” ucap Kwon Jun-wook.

Diketahui, penelitian dan pengembangan pengobatan Covid-19 dari plasma darah orang yang telah pulih ini sedang dikerjakan oleh National Institute of Health di bawah Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan. Otoritas kesehatan setempat ini bekerja sama dengan Green Cross (GC) Pharma, sebuah perusahaan Bioteknologi di Korea Selatan.

Ketua Shincheonji, Man He Lee sangat mendukung kegiatan donasi dari para anggotanya ini. Secara khusus dia mengajak anggota dapat memimpin dalam upaya donasi plasma yang dilakukan, sehingga darah (plasma) dari para anggota jemaat dapat digunakan untuk mengalahkan Covid-19. (*)

 Komentar

 Terbaru

News29 Maret 2024 14:09
Lurah Tamparang Keke Lantik dan Kukuhkan Pengurus Karang Taruna
MAKASSAR – Pengurus Karang Taruna Kelurahan Tamparang Keke, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, periode 2024-2028 resmi dibentuk dan dikukuhkan d...
Hukum & Kriminal29 Maret 2024 09:47
Polsek Rappocini Bubarkan Pesta Miras dan Judi, Lima Diamankan
MAKASSAR – Bukannya menjadikan bulan Ramadhan ajang mendapatkan pahala, sejumlah pemuda di Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) malah melakukan pe...
News29 Maret 2024 08:15
Kendala Arus Mudik di Jalur Darat Sulsel, Pj Gubernur Minta Antisipasi
MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Terpusat Ketupat 2024 dalam Rangka Pengaman...
News29 Maret 2024 05:09
Banjir Bandang Terjadi di Kota Palopo, Ketinggian Air 1,5 Meter
PALOPO – Akibat air bah dari hulu Sungai Latuppa menyebabkan banjir kembali menimpa sejumlah wilayah di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), ...