Logo Lintasterkini

Pembobol ATM di Indomaret BTP Gagal, Hanya Sempat Mengambil Rokok

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 08 Oktober 2016 16:35

Aksi pembobol ATM BCA di Indomaret BTP gagal, hanya mencuri rokok saja.
Aksi pembobol ATM BCA di Indomaret BTP gagal, hanya mencuri rokok saja.

MAKASSAR – Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang berada di dalam Indomaret di Kompleks Bumi Tamalanrea Permai (BTP) Kecamatan Tamalanrea dibobol maling. Aksi pencurian ini terjadi, Jumat (7/10/2016).

Saat melakukan aksinya, pelaku sempat tertangkap kamera CCTV. Di layar monitor, terlihat pelku mencoba mencongkel mesin ATM tersebut.

Niat pelaku sebenarnya sudah direncanakan sebelumnya. Buktinya, di kamera CCTV nampak pelaku sudah menyiapkan gurinda yakni alat pemotong besi.

Dengn menggunakan gurinda yang ia sudah siapkan, pelaku membobol mesin ATM milik Bank Central Asia (BCA) di dalam Indomaret. Mesin ATM ini berisikan uang pecahan nominal Rp50 ribu.

Seorang karyawati Indomaret, Lina Mariani (22) mengatakan, pelaku yang tertangkap CCTV memakai topi  dengan wajah ditutupi kain. Menurut karyawati ini, pelaku mulai masuk ke dalam toko sekira pukul 06.25 Wita, Jumat (7/10/2016).

“Di kamera CCTV menunjukkan pelaku mencoba merusak mesin ATM dengan gurinda selama hampir satu jam. Namun karena mesin ATM sangat susah dibongkar, dia pergi dengan meninggalkan tiga mata gurinda di depan ATM,” ungkap Lina.

Gagal membobol ATM, pelaku yang diduga beraksi tidak sendirian ini, lalu mengambil puluhan slop rokok yang ada di etalase toko. Lanjut karyawati ini lagi, kemungkinan pelaku berhasil masuk ke dalam toko dengan memanjat naik ke lantai dua.

“Saya terkejut saat menyalakan lampu dan melihat barang-barang berserakan,” ujarnya.

Kanit Reskrim Polsek Tamalanrea Iptu Syaharuddin mengatakan, pihaknya telah memeriksa Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan benar mesin ATM baru saja dibobol maling. Ia membenarkan hasil tangkapan kamera CCTV memperlihatkan pelaku mencoba membongkar mesin ATM dengan menggunakan alat gurinda.

“Kami melihat dari kamera CCTV nampaknya pelaku terburu-buru melakukan aksinya, kemungkinan dia cemas jika aksinya diketahui orang, maka pelaku langsung keluar dengan menggasak beberapa bungkus rokok saja di dekat kasir,” papar Syaharuddin.

Lanjut Kanit Reskrim, kasus percobaan pembobolan mesin ATM BCA ini sementara dalam penyidikan. Untuk mengetahui titik terangnya, pihaknya, kata dia, telah meminta keterangan beberapa saksi.

“Kami tindak lanjuti kasus ini, apalagi pelakunya tertangkap kamera CCTV. Kami telah meminta keterangan saksi-saksi, dalam waktu cepat pelakunya pasti akan kami tangkap,” janjinya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis19 April 2024 11:50
Kallafriends Catatkan Peningkatan Transaksi Selama Ramadan Hingga Lebaran
MAKASSAR – Dengan berbagai fitur dan program menarik yang dihadirkan, Kallafriends kini semakin menjadi pilihan pelanggan setia KALLA dalam bert...
Ekonomi & Bisnis19 April 2024 11:44
Indosat Ooredoo Hutchison-Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence
JAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard hari ini menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk berkolaborasi dalam men...
News19 April 2024 11:23
Ditagih Janji Pemberdayaan Pak Ogah, Dirlantas Polda Sulsel Sebut Media Tidak Profesional
MAKASSAR – Kritikan terhadap makin maraknya pak ogah di Kota Makassar tak kunjung usai. Media sosial (Medsos) dan online terus menyoroti makin menja...
News19 April 2024 10:39
Peringati HBP Ke-60, Rutan Makassar Gelar Donor Darah
MAKASSAR – Rutan Kelas I Makassar menggelar kegiatan donor darah yang mengundang Petugas Pemasyarakatan dari wilayah Kota Makassar, Gowa dan Ma...