Program Nasional Job Matching, Bursa Kerja Bagi Alumni SMK

Selasa , 08 November 2016 14:39

Penulis : Aan
Editor : Abdul Gafar Mattola

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL membuka Program Nasional Job Matching.

GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL membuka secara resmi kegiatan Job Matching SMK 2016. Agenda tersebut berlangsung di Baruga Punggawa SMK Negeri 2 Somba Opu, Selasa (8/11/2016) pagi.

Bupati Gowa menyambut positif adanya program Job Matching SMK 2016 ini. Diungkapkan Adnan, ia berharap pendidikan dan lapangan kerja semakin baik ke depannya.

Pemkab Gowa, tambah dia, mampu menjawab tantangan itu lebih baik. Hal itu ditunjukkan dengan adanya Job Matching yang merupakan terobosan baru dan daerahnya mendapat kepercayaan melaksanakannya.

“Ini merupakan upaya kita mempersiapkan anak-anak agar mampu menjawab tantangan bangsa ini di masa yang akan datang dengan mengundang dunia usaha untuk menyiapkan lapangan kerja. Agar apabila mereka tamat pendidikan SMK, sudah ada lapangan pekerjaan untuk mereka,” papar Adnan.

Adnan menambahkan, penunjukan Kabupaten Gowa sebagai lokasi pelaksanaan program nasional ini sangatlah. Dia beralasan karena Pemerintah Kabupaten Gowa memiliki fokus utama adalah pendidikan.

“Kekayaan suatu daerah bukan diukur dari sumber daya alamnya tetapi berada di sumber daya manusianya. Siapa yang membangun SDM dengan baik akan menjadi daerah yang berkembang di masa yang akan datang,” kata Bupati termuda di KTI ini.

Harapan besar juga diutarakan orang nomor satu di Kabupaten Gowa ini kepada perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam Job Matching SMK 2016. Adnan menitipkan anak-anak Kabupaten Gowa agar dapat bekerja di perusahaan yang hadir.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 2 Somba Opu Gowa, Asman Nur menjelaskan, job matching ini merupakan road show terakhir secara nasional hasil kerjasama dengan Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud RI. Untuk Sulawesi Selatan, Kota Makassar dan Gowa yang terpilih untuk melaksanakan program pemasaran tamatan SMK Job Matching ini.

Asman menambahkan, kegiatan yang sudah dipersiapkan sejak Agustus lalu ini diikuti instansi terkait sebanyak 43 perusahaan yang mampu menyerap 4.527 peluang kerja. Dia menambahkan, Job Matching SMK ini merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah untuk memberikan peluang kerja bagi alumni SMK, khususnya di Kabupaten Gowa, karena alumni SMK asal Gowa memiliki kompetensi untuk bersaing mendapatkan pekerjaan pada Job Matching tersebut.

Perwakilan Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud RI, Agus Wibowo mengatakan, program Job Matching ini merupakan program nasional Kemendikbud RI yang dilaksanakan di 34 provinsi di Indonesia. Tujuannya untuk mempertemukan pencari kerja dengan dunia usaha dan industri.

“Kegiatan pemasaran tamatan SMK ini untuk pempromosikan sumber daya SMK dengan dunia usaha dan industri untuk memberikan peluang kompetensi yang dimiliki untuk menemukan tenaga kerja menengah dan meningkatkan daya serap alumni SMK di lapangan kerja,” kata Agus di hadapan para pelajar dan alumni SMK Negeri 2 Somba Opu.

Menurut Agus, program ini mendapat tanggapan positif bagi perusahaan dan industri. Dengan adanya program ini akan meningkatkan citra SMK dan meningkatkan kesejahteraan serta mengurangi pengangguran bagi SMK.

Kegiatan yang diisi dengan bursa kerja, seminar pendidikan, talkshow, lomba seni dan budaya selama dua hari ini turut hadir Wakil Bupati Gowa sekaligus menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda (Dikorda) Kabupaten Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Sekretaris Dikorda Kabupaten Gowa, H Sappe Mangiriang, para pengajar, pelajar dan alumni SMK Negeri 2 Somba Opu, Kabupaten Gowa. (*)


loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445

Baca Juga close