Logo Lintasterkini

Deputi BNP2TKI Minta Dukungan Aliyah Mustika Ilham

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 11 November 2016 19:11

Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham.
Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham.

MAKASSAR – Deputi Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga kerja Indonesia (BNP2TKI), Agusdin Subiantoro berharap dukungan anggota DPR RI Komisi IX, Aliyah Mustika Ilham untuk memperjuangkan anggaran pelaksanaan sosialisasi perlindungan tenaga kerja. Hal tersebut diungkapkan Agusdin pada sosialisasi Program Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Hotel La Macca, Jalan Pettarani Makassar, Jumat (11/11/2016).

Menurutnya, jika tersedia anggaran yang mencukupi, maka sosialisasi  juga dapat dilakukan hingga ke pelosok daerah. Mengingat para calon TKI membutuhkan banyak informasi dan pengetahuan agar dapat menjadi tenaga kerja legal, profesional dan terlindungi.

“Kita butuh dukungan Bu Aliyah supaya bisa bersinergi ini program sampai ke desa,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7.5 juta jiwa. Sebanyak 12 persen diantaranya berpendidikan tinggi, sementara itu, permintaan negara asing terhadap kebutuhan TKI cukup tinggi.

“Tapi permintaan itu tidak bisa kita penuhi dengan maksimal, karena banyak kendala diantaranya keterampilan dan kendala bahasa,” ujarnya.

Dia juga meminta kepada para warga yang berminat untuk menjadi TKI agar melalui jalur resmi dengan melengkapi seluruh dokumen yang menjadi syarat. Dengan begitu, agar ketika bekerja di luar negeri dapat terlindungi.

Menaggapi hal tersebut, Aliyah Mustika mengatakan dirinya berada di Komisi IX membidangi Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Sehingga sudah menjadi tugas dan fungsinya untuk melakukan pengawasan dan memperjuangkan kebutuhan dan hak TKI.

“Dan melalui sosialisasi ini kita berharap para peserta dapat memahami mekanisme manjadi TKI dan tidak terpengaruh untuk menjadi TKI ilegal,” kata Aliyah di hadapan ratusan peserta sosialisasi.

Hadir pula sebagai pemateri dalam sosialisasi tersebut, Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI), Mohd. Agus Bustami dan Sekretaris Disnaker Makassar, Sirajuddin K. (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Maret 2024 09:47
Polsek Rappocini Bubarkan Pesta Miras dan Judi, Lima Diamankan
MAKASSAR – Bukannya menjadikan bulan Ramadhan ajang mendapatkan pahala, sejumlah pemuda di Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) malah melakukan pe...
News29 Maret 2024 05:09
Banjir Bandang Terjadi di Kota Palopo, Ketinggian Air 1,5 Meter
PALOPO – Akibat air bah dari hulu Sungai Latuppa menyebabkan banjir kembali menimpa sejumlah wilayah di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), ...
News29 Maret 2024 02:16
Astra Motor Sulsel Resmi Kenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS
MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi m...
News29 Maret 2024 01:57
Produksi Lebih Cepat, Kalla Beton Kembangkan Produk Precast
MAKASSAR – Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangka...