Panwaslu Paniai Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pemilih Pemula

Senin , 11 Desember 2017 22:22

Penulis : Slamet
Editor : Abdul Gafar Syam Mattola

Panwaslu Paniai sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pemilih pemula.

PANIAI - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Paniai menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif persiapan pemilihan bupati dan wakil bupati Paniai dan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua tahun 2018 mendatang. Sosialisasi diselenggarakan di Aula Kampus ISSP Zakeus Pakage Enarotali, Paniai, Senin ( 11/12/2017).

Ketua Panwaslu Paniai, Alex Pigome, S.Ip, M.Si mendorong seluruh peserta yang hadir agar dapat ikut serta dalam pengawasan partisipatif pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serta DPD, DPR, DPRD dan Presiden.

Menurut Alex Pigome, digelarnya kegiatan itu agar dalam pesta demokrasi nantinya dapat berjalan dengan baik sesuai aturan yang ada. Sehingga akan melahirkan pemimpin-pemimpin daerah yang baik dan amanah.

“Untuk itu pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula dapat dilakukan dengan cara mengamati seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu dan melaporkan kejadian-kejadian yang diduga merupakan suatu bentuk pelanggaran. Tujuannya agar proses demokrasi dapat berjalan dengan baik,” kata Pigome.

Pihaknya juga memberikan pembekalan kepada seluruh peserta seperti sistem kerja dari pengawasan partisipatif, serta menjelaskan tata kerja Panwaslu mulai pencegahan hingga penindakan dugaan pelanggaran pemilu, baik temuan maupun laporan dari masyarakat.

Alex Pigome juga mengingatkan kepada seluruh peserta untuk tidak terkontaminasi dengan politik dan tidak tergiur dengan tawaran uang dari calon maupun tim sukses calon tertentu.

“Saya berharap kepada masyarakat Paniai, terutama pemilih pemula untuk dapat menjadi pemilih cerdas, dengan cara memilih pimpin bukan karna ada apanya. Tetapi memilih pemimpin yang memiliki program yang baik serta berintegritas atau menjunjung tinggi kejujuran,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu peserta, Yanu Adii mengatakan kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Panwaslu Paniai sangat bermanfaat kepada masyarakat, khususnya bagi para pemilih pemula dan Panwas Distrik.

“Kami senang, kegiatan ini kami mendapat pengetahuan tentang seperti apa pengawasan partisipatif,” kata Yanu Adii singkat. (*)

loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445