Jalan Rusak Parah, Warga Bontonompo Blokade Jalan Trans Sulawesi

Kamis , 12 Januari 2017 07:59

Penulis : Aan
Editor : Muh Syukri

Aksi penutupan jalan yang dilakukan masyarakat

GOWA - Ratusan warga Kecamatan Bontonompo dari berbagai lingkungan di Kelurahan Kalaserena ramai-ramai menutup jalan poros jalur trans Sulawesi yang rusak parah, Rabu (11/01/2017). Warga bersama mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Bangsa (AMPP) Bontonompo juga berunjukrasa meminta pemerintah memperhatikan jalan tersebut.

Ratusan warga Kalaserena tersebut tak mau kompromi lagi dan sepakat memblokade jalan. Akibatnya kemacetan pun tak bisa dihindari. Kemacetan terbentuk hingga belasan kilometer dari arah Kabupaten Takalar serta Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa. Warga lmemblokade jalan menggunakan pohon pisang, batang kayu, serta melakukan pembakaran ban bekas.

Aksi nekat warga itu dipicu dari kondisi akses jalur trans Sulawesi yang berada di Kelurahan Kalasarena, Kecamatan Bontonompo. Kondisinya memang sudah sangat parah sejak delapan tahun silam.

Pemerintah hanya melakukan perbaikan dengan cara tambal sulam. Dampak yang terjadi selain membuat pengguna jalan mengeluh lantaran kendaraannya cenderung cepat rusak, juga seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas.

Menurut salah seorang warga, Dg Sau mengatakan bahwa jalan tersbut merupakan jalan Trans Sulawesi tetapi rusak parah yang hampir setiap hari ada kecelakaan.

“Hampir tiap hari di sini ada kecelakaan karena lubang-lubang jalanan, mana lagi jalan sempit, padahal ini jalur provinsi,”ujarnya.

Aparat kepolisian setempat yang berada di lokasi tak berdaya mengantisipasi aksi blokade jalan yang dilakukan warga. Akibatnya, kemacetan panjang tak terhindarkan. Petugas pun kewalahan mengatur arus lalulintas agar bisa bergerak meski pelan.

Unjuk rasa berakhir sekira pukul 16.30 Wita dan warga mendeadline agar pemerintah segera melakukan perbaikan jalan.

Massa berjanji akan memblokade jalan kembali jika permintaannya tidak dipenuhi dalam waktu 3 x 24 jam. (*)


loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445