Ketua Forum Telematika KTI Paparkan Ekonomi Digital

Sabtu , 12 Agustus 2017 09:17

Penulis : Ilmaddin Husain (Humas Pemuda Lembaga Dakwah Islam Indonesia/LDII)
Editor : Abdul Gafar Syam Mattola

Narasumber pelatihan digital marketing, Hidayat Nahwi Rasul membahas eEkonomi digital.

MAKASSAR - Penetrasi pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Merujuk data 2016, pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 juta orang dari total populasi penduduk 256,2 juta orang. Tingginya pengguna internet ini akan berimplikasi pada aktivitas ekonomi digital dan menggeser aktivitas ekonomi tradisional.

“Pada 2020 nanti, jumlah transaksi ekonomi melalui internet mencapai 130 milyar dolar Amerika Serikat (AS),” kata Ketua Forum Telematika Kawasan Timur Indonesia (KTI), Hidayat Nahwi Rasul saat memaparkan materinya dalam kegiatan pelatihan digital marketing di Hotel Dinasti, Jalan Lombok, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (11/8/2017).

Pelatihan yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan ini diikuti berbagai elemen pemuda. Para peserta diantaranya 50 orang Pemuda Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sulawesi Selatan. Turut hadir utusan Laskar Merah Putih (LMP) dan Mapalasta UIN Alauddin Makassar.

Selain pakar telematika Hidayat Nahwi Rasul, pemateri pelatihan yaitu pakar bisnis online Ali Mustika Sari. Pelatihan ini mendorong pemuda di Sulawesi Selatan produktif dengan berwiraswasta di sektor bisnis online.

“Dengan bekal ilmu digital marketing, pemuda diajak produktif. Jangan gunakan internet untuk sekedar menghabiskan kuota. Gunakan internet untuk mencari uang, sehingga bisa menjadi jutawan muda,” kata anggota White List Nusantara Kemkominfo ini.

Menurut data, pada 2020, akan ada 200 miliar perangkat yang terhubung pada jaringan internet global sebagai dampak dari Internet of Things (IoT). Sebesar 65 persen pengguna internet di Indonesia ada di Pulau Jawa. Angkanya menyentuh 86,3 juta orang.

“Adapun di Sulawesi, pengguna internet sebesar 6,3 persen atau 8,4 juta orang,” sebut Hidayat.

Ekonomi digital menjadi aktivitas ekonomi yang memanfaatkan teknologi digital secara masif dalam segala aspek perilau ekonomi masyarakat. Hidayat menambahkan, di era internet sekarang ini, orang bisa berdagang tanpa harus mempunyai toko.

“Ada google dengan konsep digital marketing yang mempertemukan antara penjual dan pembeli,” ungkap Ketua LDII Sulawesi Selatan ini.


HALAMAN 


loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445