Mengenal Lebih dekat Taman Mini Indonesia Indah

Senin , 12 September 2016 17:09

Penulis : Slamet
Editor : Erwin

JAKARTA - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Jakarta Timur. Dibangun di atas tanah seluas 150 hektar, Taman Mini Indonesia Indah adalah salah satu taman rekreasi terbesar di Indonesia dengan berbagai aneka lokasi rekreasi di dalamnya.

Seperti pantauan Lintasterkini.com, Mingu (12/9/2016), dimana Taman Mini Indonesia Indah merupakan sebuah taman rekreasi yang berisi gambaran kebudayaan nusantara. Di sini, Anda bisa melihat sebuah danau dengan miniatur kepulauan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Tak hanya itu, masih ada banyak kebudayaan khas tiap provinsi di Indonesia yang dipamerkan di sini mulai dari tarian daerah, pakaian adat, rumah ibadah tiap agama resmi di Indonesia, berbagai museum dan lain-lain. Di anjungan daerah, Anda bisa melihat kebudayaan dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Setiap provinsi memiliki anjungan yang menampilkan bangunan atau rumah adat, pakaian tradisional, busana pernikahan, senjata khas sampai peralatan rumah tangga yang digunakan sehari-hari.

Rencana pembangunan diawali dari pertemuan di rumah Soeharto, mantan presiden Indonesia, di Jalan Cendana Nomor 8, Jakarta pada tanggal 13 Maret 1970. Dalam pertemuan tersebut, Siti Hartinah atau yang lebih dikenal dengan panggilan Ibu Tien yang merupakan istri mantan Presiden Soeharto mengusulkan akan dibangun sebuah lokasi yang memuat wisata budaya untuk membangkitkan kebanggaan rakyat Indonesia terhadap budaya nusantara.

Kemudian dimulailah proyek miniatur Indonesia ‘Indonesia Indah’ di bawah Yayasan Harapan Indah. Pembangunan dimulai pada tahun 1972 dan pada tanggal 20 April 1975, TMII resmi dibuka. Pada tahun 1991, dibuat maskot untuk tempat wisata ini berupa tokoh wayang Hanoman yang diberi nama NITRA (Anjani Putra).

Terdapat bangunan rumah ibadah setiap agama resmi di Indonesia yang masih aktif digunakan di Taman Mini Indonesia Indah, diantaranya Masjid Pangeran Diponegoro, Gereja Katolik Santa Catharina, Gereja Protestan Haleluya, Pura Panataran Agung Kertabumi, Vihara Arya Dwipa Aram, Kuil Konghucu Kong Miao, Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa.

Di TMII juga terdapat Istana anak-anak, dimana wahana ini merupakan wahana favorit anak-anak yang mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Di sini, anak-anak bisa menyimak dongeng-dongeng dunia dan cerita rakyat dari Indonesia.

Untuk biaya tiket masuk bagi pengunjung dikenai harga 10.000 Rupiah per orang, Sepeda: 1.000 Rupiah, Sepeda motor: 6.000 Rupiah, Mobil: 10.000 Rupiah dan Bus / Truk: 30.000 Rupiah.

Anda diharuskan membayar lagi untuk memasuki setiap wahana yang ada du dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Kereta gantung bisa digunakan sebagai transportasi di Taman Mini Indonesia Indah. Dengan menggunakan kereta gantung ini Anda juga bisa melihat kawasan Taman Mini Indonesia Indah dari atas dengan leluasa. Tarif yang dikenakan adalah 30.000 Rupiah per orang.

Salah satu wisatawan asing asal Jepang bernama Oska yang ditemu Lintasterkini.com, mengaku merasa senang dengan aneka ragam wahana di TMII. “Saya merasa senang bersama anak-anak saya. Saya dari Jepang ke Indonesia sengaja mau melihat TMII” ujarnya dengan bahasa Indonesia yang terputus-putus. (*)


loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445

Baca Juga close