PWI Pinrang Gelar Aksi Damai Kasus Kekerasan Terhadap Wartawan di Banyumas

Kamis , 12 Oktober 2017 14:13

Penulis : Aroelk
Editor : Muh Syukri

Aksi Unras damai yang digelar puluhan anggota PWI perwakilan Pinrang

PINRANG – Puluhan wartawan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) perwakilan Pinrang, Kamis (12/10/2017) menggelar aksi Unjuk Rasa (Unras) damai sebagai bentuk solidaritas atas tindakan kekerasan yang dilakukan sejumlah oknum kepolisian Polres Banyumas dan personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Pemkab Banyumas tehadap beberapa wartawan media cetak dan elektronik saat melaksanakan tugas peliputan.

Aksi diawali dengan berkumpul di kantor sekretariat PWI perwakilan Pinrang, dan selanjutnya ke titik aksi berikutnya di depan tugu patung Lasinrang Kota Pinrang dan berakhir di Mapolres Pinrang. Selain orasi, massa Unras juga membawa beberapa spanduk yang bertuliskan kecaman keras atas tindakan aparat Polres Banyumas tersebut.

Di Mapolres Pinrang, massa PWI diterima langsung Wakapolres Pinrang, Kompol Ali Syahban didampingi Kasat Intelkam, AKP AB Laba dan beberapa pejabat utama Polres Pinrang. Di tempat ini, perwakilan massa menyerahkan surat pernyataan dan tuntutan kepada pihak Polres Pinrang ubtuk diteruskan ke Kapolda Sulsel dan Kapolri.

Koordinator aksi, Abdul Haris dalam keterangannya mengatakan, atsa nama PWI peelrwakilan Pinrang, mereka mengecam aksi kekerasan oknum aparat kepolisian Polres Banyumas terhadap awak media yang lagi menjalankan tugas peliputan.

“Ini merupakan aksi solidaritas bentuk keprihatinan kami atas kejadian kekerasan yang menimpa saudara kami sesama jurnalis di Banyumas. Untuk itu, kami meminta kepada Kapolri agar para oknum pelaku segera diproses hukum sesuai UU berlaku. Kami bekerja dilindungi Undang-Undang, olehnya itu, kekerasan yang dilakukan para oknum Polres Banyumas itu sudah jelas melanggar Undang-Undang dan melecehkan profesi jurnalis,” tegas Haris.

Hal senada juga diungkapkan Ketua PWI perwakilan Pinrang, Masrul Umar.

“Harap segera di proses. Ini sudah melecehkan profesi dan melanggar Undang-Undang. Jangan lagi ada kejaduan seperti ini,” pungkas Masrul.

Sementara Wakapolres Pinrang, Kompol Ali Syahban dalam keterangannya, mengapresiasi aksi solidaritas Wartawan di Kabupaten Pinrang. Pihaknya berjanji, akan meneruskan tuntutan aksi ini ke jajaran pimpinan.

“Kami akan teruskan. Selama ini, jajaran Polres Pinrang cukup dekat dengan awak media,” ungkap Ali. (*)


loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445

Baca Juga close