Kampung Manggesara Maros Nikmati Air Bersih Program Pamsimas

Sabtu , 13 Januari 2018 23:15

Editor : Abdul Gafar Syam Mattola

Peresmian air bersih Program Pamsimas di Kampung Manggesara, Kecamatan cenrana, Maros.

MAROS - Sarana aib Bersih dan sanitasi melalui Program Pamsimas III tahun 2017 diresmikan, sekaligus penyerahan program Pamsimas ke Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS). Peresmian ini dilaksanakan di Manggesara, Dusun Bontomanai, Desa Laiya, Kecamatan Cenrana, Maros.

Peresmian KP-SPAMS dilakukan di Mesjid Manggesara, Selasa (10/01/2017) lalu. Peresmian ini dihadiri oleh Satker Pamsimas Kabupaten Maros, Tim Roms 15 Pamsimas Sulawesi Selatan, Tim Roms 15 Pamsimas Kabupaten Maros, perwakilan Komando Rayon Militer (Koramil) 1422 Maros, Kepolisian Sektor Camba dan masyarakat Dusun Bontamanai.

Sarana air bersih tersebut merupakan bagian dari Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Program ini telah memasuki periode III di Kabupaten Maros.

Menurut Nur Khalis, ST selaku District Coordinator Pamsimas Kabupaten Maros, Sabtu (13/1/2018), program Pamsimas ini diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui peningkatan akses air minum dan sanitasi secara berkelanjutan.

Hingga peresmian sarana air minum dan sanitasi Pamsimas hampir 100% masyarakat Kampung Manggesara sudah melakukan penyambungan ke rumah masing-masing, yang dikoordinir KP-SPAM Je’ne Tallasa melalui swadaya mereka.

“Sumber air Pamsimas Desa Laiya merupakan mata air yang berada di Kawassan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Pamsimas Maros telah menjalin kerjasama dengan Balai

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung sejak tahun 2014. Taman nasional telah mengeluarkan enam izin pemanfaatan air (IPA) non komersil melalui program nasional ini,” ungkap Nur Khalis.

Menurut Kepala Desa Laiya, Andi Muh. Risal, sumber dana pembangunan sistem penyediaan air bersih ini berasal dari Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) APBN, APBDes dan kontribusi masyarakat. Panjang pipa air yang terpasang sekitar 4.000 meter yang sumber airnya berasal dari Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Sementara itu, Satker Pamsimas Kabupaten Maros, yang diwakili oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Muslim ST mengharapkan agar sarana air minum dan sanitasi yang sudah terbangun bisa dimanfaatkan dan dipelihara masyarakat secara berkelanjutan.

“Kami juga berharap masyarakat bisa meningkatkan kesadaran hidup bersih sehat dengan membangun jamban di rumah masing-masing,” harapnya.

Pada peresmian sarana Pamsimas tersebut dirangkaikan dengan penyerahan kartu meter air kepada penerima pemanfaat sarana air minum oleh Ketua KP-SPAMS Je’ne Tallasa. (*)

loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445