Diduga Rusak Lingkungan, Walhi Babel Tolak Aktivitas Tambang Timah

Minggu , 15 Oktober 2017 03:38

Penulis : Slamet
Editor : Abdul Gafar Syam Mattola

Aktivis Walhi yang menolak tambang timah di Kepulauan Bangka Belitung.

PANGKALPINANG - Aktifis WALHI Kepulauan Bangka Belitung melakukan aksi menolak aktifitas tambang timah yang beroperasi di darat dan pesisir laut Bangka Belitung. Aktifitas tambang sejak masa kolonial hingga sekarang menyisakan kerusakan ekologi yang tersebar di Kepulauan Bangka dan Belitung, sebagai wilayah kepulauan Provinsi Bangka Belitung, dihadapkan pada situasi krisis yang sulit dipulihkan.

Akibat dalam kurun waktu yang sangat panjang, sumber daya alamnya salah satunya timah, dikeruk untuk memenuhi pasokan timah global ke sepuluh negara antara lain Perancis, Jerman, Amerika Serikat, Taiwan, Korea Selatan, Malaysia, China, Thailand, Jepang dan Singapura. Pengerukan hasil tambang itu tanpa pernah menghitung daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.

Terlebih keselamatan rakyat di dalamnya. Dengan luas Kepulauan Bangka Belitung 1,6 juta hektar, 3/4 dari luas wilayahnya masuk dalam Izin Usaha Pertambangan (IUP) skala besar maupun inkonvensional. Ruang hidup dan ruang kelola rakyat dikepung oleh industri timah. Ini belum termasuk dengan berbagai izin lainnya seperti HGU industri kehutanan.

Aktivitas tambang timah di darat dan laut telah menimbulkan berbagai dampak signifikan. Tambang timah di darat telah mengakibatkan deforestasi dan degradasi hutan. Tambang di laut telah mengakibatkan kehancuran ekosistem pesisir dan perairan laut. Hingga pada akhirnya berdampak pada sekitar 45 ribu nelayan tradisional yang mengandalkan hidupnya dari pesisir dan laut.

Ironisnya, menempatkan Provinsi berada di urutan tertinggi dengan kondisi lahan rusak dan kondisi kritis atau sangat kritis, dibandingkan dengan provinsi lainnya yakni mencapai 1.053.253,19 hektar atau 62 persen dari luas daratan Babel. Bukan hanya krisis lingkungan hidup dan keselamatan rakyat yang terancam.




loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445

Baca Juga close