Logo Lintasterkini

Puluhan Napi Rutan Kelas 1A Makassar Jalani Tes Urine

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Rabu, 16 November 2016 15:49

Kepala Rutan Kelas 1A Makassar, Surianto.
Kepala Rutan Kelas 1A Makassar, Surianto.

MAKASSAR – Pihak Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IA Makassar, Rabu (16/11/2016) sekira pukul 08.00 Wita melaksanakan kegiatan pemeriksaan urine terhadap puluhan tahanan. Pemeriksaan urine dilakukan di ruang Poliklinik Rutan Kelas I Makassar.

Menurut Kepala Rutan Kelas 1A Makassar, Surianto didampingi Kasi Pelayanan Tahanan (Yanta) Alwi saat menggelar konferensi pers terkait pemeriksaa urine di hal itu dilakukan karena merupakan salah satu langkah untuk mencegah peredaran narkoba di dalam rutan. Menurutnya, tidak bisa dipungkiri kalau rutan kerap disorot menjadi tempat pengendalian narkoba.

“Imej itu yang harus kita hapus. Kita ingin rutan bersih dari narkoba,” tegasnya.

Ditambahkannya, pemeriksaan urine napi atas penindaklanjutan dari Program Nasional Memerangi Penyalahgunaan Narkoba. Hal lain yang mendasari dilakukan uji urine para napi adalah hasil temuan penggeledahan di dalam sel blok narkoba.

Waktu penggeledahan dimana ditemukan sejumlah alat bukti berupa sisa sachet yang diduga pernah dilakukan untuk kemas sabu, 3 kompor yang diduga untuk membakar sabu beserta pirexnya dan sendok plastik. Saat pelaksanaan pemeriksaan urine oleh pihak rutan, sebagian hasilnya menunjukkan positif.

“Jika nanti ditemukan ada napi maupun tahanan yang positif menggunakan narkoba, maka kami akan tindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan intensif terhadap napi atau tahanan tersebut, guna mencari tahu dari mana narkoba yang dikonsumsinya bisa didapatkan dengan bekerja sama pihak Kepolisian,” urai Surianto.

Dikatakan juga, selain tes urine dilakukan beberapa pemeriksaan kesehatan lainnya. Pemeriksaan kesehatan untuk mengontrol kesehatan warga binaan Rutan Kelas I Makassar.

Dalam kegiatan ini, hadir juga Kanit Reskrim Polsek Rappocini AKP Agus Triputranta. (*)

 Komentar

 Terbaru

News16 April 2024 13:12
Pangdam XIV/Hasanuddin Gelar Halal Bihalal Bersama Prajurit dan PNS Kodam
MAKASSAR – Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P bersama para Peja...
Pemerintahan16 April 2024 10:44
Danny Pomanto Ajak KBA SMPN 5 Makassar Ambil Bagian dalam Menunjang Keberadaan IKN
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto ikut meramaikan Halal Bihalal Keluarga Besar Alumni (KBA) SMPN 5 Makassar, di Hotel Claro, Sen...
Nasional16 April 2024 09:55
Ternyata Ini Penyebab Bentrokan TNI AL dan Brimob di Sorong
SORONG – Masalah pribadi dianggap sebagai pemicu bentrokan yang terjadi antara prajurit TNI AL dan Brimob Polri di Pelabuhan Sorong Papua Barat,...
News16 April 2024 09:12
Apel Perdana Pasca Lebaran, Wakapolres Sidrap: Tingkatkan Semangat Kerja
SIDRAP – Pagi ini, di halaman Markas Kepolisian Resor Sidrap, Wakapolres Kompol Ahmad Rosma. SH memimpin apel pertama hari kerja pasca lebaran. ...