Mengejutkan, Rivai Ras Ungguli Bacagub Sekelas Dua Nurdin dan IYL

Selasa , 17 Oktober 2017 22:39

Penulis : Slamet
Editor : Abdul Gafar Syam Mattola

Herlina, Direktur Eksekutif Lembaga Jaringan Survei Indonesia (LJSI).

JAKARTA - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel untuk menentukan tokoh pengganti Syahrul Yasin Limpo mulai ramai diperbincangkan. Hasil pengamatan Lembaga Jaringan Survei Indonesia (LJSI) cukup mengejutkan.

Lembaga survei tersebut merilis hasil pengamatannya dimana Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Sulsel, Abdul Rivai Ras mengungguli 2 (dua) Nurdin yakni Nurdin Halid (NH) dan Nurdin Abdullah (NA), bahkan melampaui keterpilihan tokoh sekelas Ichsan Yasin Limpo (IYL), serta kandidat lainnya.

Fenomena Pilgub Sulsel sangat menarik, sehingga LJSI membuat penelitian melalui survei jajak pendapat masyarakat Sulsel untuk mengukur sikap, pandangan dan penilaian terhadap tokoh-tokoh yang berpotensi maju sebagai bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan. Beberapa tokoh yang berpotensi maju dalam Pilgub Sulsel 2018 berasal dari partai politik, bupati, mantan bupati dan anggota DPR RI.

Beberapa nama itu seperti Nurdin Abddulah (Bupati Bantaeng), Nurdin Halid (Ketua Harian DPP Golkar), Ichsan Yasin Limpo (adik kandung Gubernur Syahrul Yasin Limpo dan mantan Bupati Gowa), Agus Arifin Nu’mang (Wakil Gubernur petahana), H. Rusdi Masse (Bupati Sidrap ), Akbar Faisal (Anggota DPR RI), La Tinro La Tunrung (mantan Bupati Enrekang) dan Abdul Rivai Ras (Pendiri Unhan).

Herlina, selaku Direktur Eksekutif Lembaga Jaringan Survei Indonesia (LJSI) dalam siaran persnya di Jakarta, Senin malam, (16/10/2017) mengatakan penelitian ketokohan bakal calon Gubernur Sulsel ini menguji penilaian dari masyarakat terhadap para tokoh tersebut. Beberapa aspek yang dinilai meliputi tingkat popularitas, tingkat akseptabilitas, tingkat kompentensi, tingkat kepemimpinan, dan tingkat elektabilitas.

“Penelitian dengan menggunakan cara survei opini publik yang digelar tanggal 3 sampai dengan dengan tanggal 13 Oktober 2017 menggunakan jumlah responden sebanyak 1.327 warga Sulsel yang tersebar di 22 kabupaten dan 3 kotamadya,” tutur Herlina.

Penarikan jumlah responden menggunakan teknik sampling/acak dengan metode multistage random sampling pada populasi jumlah DPT di Sulsel. Survei ini mempunyai tingkat kepercayaan 95 % dan pada margin of error kurang lebih 2,7,%.

Dari hasil temuan survei, publik yang puas dengan kinerja Gubernur Propinsi Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo saat ini mencapai 66.7% dan sementara itu, yang puas dengan kinerja Wakil Gubernur, Agus Arifin Nu’mang mencapai 69,3 %. Secara kuantitatif, angka kepuasan Gubernur relatif tinggi karena berada jauh di atas 50 persen. Begitu pula, tingkat kepuasan Wakil Gubernur cukup baik karena di atas 50%.




loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445