Logo Lintasterkini

Pemerintah Palestina Desak Masyarakat Internasional Lindungi Rakyatnya

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Sabtu, 17 Desember 2016 16:29

Pemerintah Palestina mendesak dunia internasional melindungi rakyatnya.
Pemerintah Palestina mendesak dunia internasional melindungi rakyatnya.

LINTASTERKINI.COM – Pemerintah konsensus Palestina pada Kamis, (15/12) mendesak masyarakat internasional  mempercepat tindakannya melindungi rakyat Palestina. Perdana Menteri Pemerintah Palestina Rami Hamdallah mengeluarkan pernyataan tersebut dalam resepsi di Ramallah, Tepi Barat Sungai Yordan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Saat kita berdoa untuk korban terorisme tidak adil di mana pun, kita juga menyerukan perdamaian dan keadilan untuk menguasai seluruh dunia,” kata Hamdallah.

Ia menambahkan, dunia harus secara sungguh-sungguh bertindak untuk melindungi rakyat Palestina. Dunia harus menekan Israel agar menghentikan pelanggarannya terhadap rakyat Palestina, terhadap harta mereka dan tempat suci mereka, serta membebaskan semua tahanan dari penjara dan tempat tahanannya.

Israel menduduki Tepi Barat Sungai Yordan pada 1967 bersama dengan Jalur Gaza dan Jerusalem Timur. Pada 2005, Israel mundur dari Jalur Gaza, tapi mempertahankan Tepi Barat dan Jerusalem Timur di bawah pendudukannya.

Pemerintah Israel telah memperluas permukiman Yahudi, terutama di Tepi Barat, masalah yang membuat proses perdamaian terhenti total sejak April 2014, ketika Amerika Serikat menawarkan pembicaraan bilateral antara kedua pihak selama sembilan bulan.

“Rakyat Palestina setiap tahun merayakan Natal dan Tahun Baru, dan mereka masih mencari keadilan serta perdamaian yang langgeng, tapi mereka masih menunggu berakhirnya pendudukan dan membebaskan diri dari tembok yang mengepung desa serta kota kecil mereka,” kata Hamdallah.

Rakyat Palestina merayakan Tahun Baru saat ketegangan antara Israel dan Palestina telah berlangsung sejak Oktober 2015. Gelombang kerusuhan sejauh ini telah menewaskan 344 orang Palestina dan 42 orang Yahudi.

(Sumber : Antara.com)

 Komentar

 Terbaru

Gaya Hidup29 Maret 2024 15:10
7 Tips Puasa Ramadan Saat Badan Kurang Fit
LintasTerkini.com – Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Islam menjalani puasa da...
News29 Maret 2024 14:09
Lurah Tamparang Keke Lantik dan Kukuhkan Pengurus Karang Taruna
MAKASSAR – Pengurus Karang Taruna Kelurahan Tamparang Keke, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, periode 2024-2028 resmi dibentuk dan dikukuhkan d...
Hukum & Kriminal29 Maret 2024 09:47
Polsek Rappocini Bubarkan Pesta Miras dan Judi, Lima Diamankan
MAKASSAR – Bukannya menjadikan bulan Ramadhan ajang mendapatkan pahala, sejumlah pemuda di Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) malah melakukan pe...
News29 Maret 2024 08:15
Kendala Arus Mudik di Jalur Darat Sulsel, Pj Gubernur Minta Antisipasi
MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Terpusat Ketupat 2024 dalam Rangka Pengaman...