Logo Lintasterkini

Goethe-Institut Indonesien Ajak Seniman dan Penulis Ciptakan Komik Baru

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Sabtu, 18 Juli 2020 16:50

Panggilan Terbuka untuk Komik Baru: “Movements and Moments-Feminist Generations”©Goethe-Institut Indonesien.
Panggilan Terbuka untuk Komik Baru: “Movements and Moments-Feminist Generations”©Goethe-Institut Indonesien.

LINTASTERKINI.COM — Pusat kebudayaan Jerman Goethe-Institut mengundang seniman grafis perorangan atau seniman grafis yang berkolaborasi dengan penulis/pengarang/penyusun skenario sebagai satu kelompok untuk mengajukan proposal pembuatan komik baru mengenai gerakan dan aktivis feminis indigenousdari kawasan Selatan Global(Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Oseania).

Maksimal sepuluh cerita terpilih dalam proyek bertajuk “Movements and Moments –Feminist Generations”ini akan dipublikasikan dalam sebuah antologi komik pada 2021.Pelamar harusberasal dari kawasan Selatan Global atau bertempat tinggal setidaknya dua tahun di kawasan itu, serta memiliki kemampuan bahasa Inggris tingkat dasar.

Selain itu, pelamar mempunyai setidaknya lima karya komik yang sudah terbitatau pun karya atau monograf di bidang sosiologi/politik/feminisme/penelitian/sastra dalam bentuk cetak dan online (termasuk media sosial). Pengajuan proposal dimulai sejak 15 Juli 2020, dengan tenggat pengajuan proposal ialah 31 Agustus 2020 pada pukul 23:59 WIB.

“Goethe-Institut mencari proposal yang menyajikan kisah biografi aktivis terkemuka atau narasi suatu gerakan secara keseluruhan. Kami juga menyambut proposal tersebut yang dapat dipahami masyarakat luas dengan menggunakan komik sebagai alat untuk testimoni, pendidikan,dan aktivisme,” ujar Maya, pimpinan proyek “Movements and Moments –Feminist Generations” dan Koordinator Program Budaya Goethe-Institut Jakarta.

Proyek “Movements and Moments –Feminist Generations” yang diprakarsai Goethe-Institut Jakarta ini didasari sedikitnya informasi mengenai gerakan feminisme dan aktivisnya di kawasan Selatan Global yang dimuat dibasis data pengetahuan besar seperti Wikipedia.

Di daerah asal masing-masing pun, para aktivis feminis tersebut beserta gerakan mereka seringkali tidak diarsipkan dengan memadai karena keterbatasan sumber daya atau karena tuntutan mereka tidak menjadi tema pembicaraan. Proyek ini bertujuan mengangkat kisah, aktivisme, dan para pelaku yang kurang terekspos ini dengan menyajikan kisah hidup mereka dalam bentuk komik yang mudah dipahami.

Dengan menekankan perspektif feminis indigenous, yang sering berkaitan dengan pergulatan dekolonial dan pendekatan emansipatoris terhadap cara hidup lestari, proyek ini ingin menyoroti salah satu aspek protes feminis yang luput dari perhatian. Selain itu, proyek ini juga bermaksud menggali bagaimana caranyaagar perjuangan yang acap kali terabaikan ini dapat menjadi pembanding bagi gerakan feminis di seluruh dunia.

Dengan menerbitkan kisah-kisah dari berbagai benua ini dan menempatkan semuanya dalam dialog, Goethe-Institut berharap dapat membangkitkan minat untuk mengarsipkan dan memediasi upaya-upaya feminis non-Barat.Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.goethe.de/movementsmoments.(*)

 

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Maret 2024 09:47
Polsek Rappocini Bubarkan Pesta Miras dan Judi, Lima Diamankan
MAKASSAR – Bukannya menjadikan bulan Ramadhan ajang mendapatkan pahala, sejumlah pemuda di Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) malah melakukan pe...
News29 Maret 2024 05:09
Banjir Bandang Terjadi di Kota Palopo, Ketinggian Air 1,5 Meter
PALOPO – Akibat air bah dari hulu Sungai Latuppa menyebabkan banjir kembali menimpa sejumlah wilayah di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), ...
News29 Maret 2024 02:16
Astra Motor Sulsel Resmi Kenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS
MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi m...
News29 Maret 2024 01:57
Produksi Lebih Cepat, Kalla Beton Kembangkan Produk Precast
MAKASSAR – Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangka...