Kasus e-KTP dan Partai Golkar Menyandera Setnov

Sabtu , 19 Agustus 2017 19:45

Penulis : Notrida Mandica (Anggota Dewan Pakar Partai Golkar/Ketua Ikapol Fisip Unhas)

Notrida Mandica, Anggota Dewan Pakar Partai Golkar, dan menjabat Ketua Ikapol Fisip Unhas.

LINTASTERKINI.COM - Menarik ungkapan Sekertaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Idrus Marham bahwa penahanan Ketua Umum, Setya Novanto(Setnov) kelak oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas sangkaan korupsi proyek e-KTP tidak akan mengganggu kinerja Partai Golkar.

Bahkan, Sekjen ini meyakinkan publik bahwa saat status Ketum sebagai tersangka pun, Partai Golkar justru semakin terkonsolidasi dari daerah hingga pusat. Jika ditilik lebih jauh, pernyataan itu ada benarnya bahwa Partai Golkar memiliki mekanisme struktur kepemimpinan komprehensif yang mampu menghadapi segala kemungkinan tantangan dan hambatan.

Hal ini telah teruji pada awal era reformasi dan saat konflik internal antara Munas Bali versus Munas Ancol beberapa tahun lalu.  Karena sumber daya politisi Partai Golkar tidak diragukan lagi, berpengalaman menghadapi dan memberi solusi terhadap ragam masalah dan berpengetahuan tentang atmosfir politik lokal dan nasional.

Namun ada hal krusial yang diabaikan oleh pernyataan Idrus Marham tersebut, yakni pertama, Setnov akan ditahan oleh KPK dan kedua, posisi Ketum Partai Golkar tidak terlalu signifikan dalam menjalankan roda kepemimpinan partai.

Disadari atau tidak, pernyataan tersebut menyandera Setnov sebagai Ketum DPP Partai Golkar dalam ketidakpastian politik dan hukum. Sebagaimana diketahui, status tersangka membuat Ketum Setnov tidak leluasa melakukan aktivitas bersifat publik, karena penolakan publik telah diperlihatkan secara terbuka di beberapa acara.

Termasuk acara Diaspora 2017 baru lalu. Belum lagi menyangkut perdebatan di media sosial tentang kehadiran Setnov sebagai Ketua DPR RI di acara 17 Agustus di Istana Merdeka. Perlu diketah bahwa sangat berbahaya secara politik jika mempertahankan Setnov sebagai Ketum, namun aktivitas partai tidak lagi dilakoni oleh Ketum.




loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445