Mengenal Sosok Daeng Manda, Sang Maestro Seni Asal Sulsel

Sabtu , 19 Agustus 2017 21:19

Editor : Abdul Gafar Syam Mattola

Sang Maestro Seni asal Sulsel, Daeng Manda memperlihatkan filosofi tarian yang ia ciptakan.

MAKASSAR - Suasana sore itu tampak hening. Suasana sepi ini merupakan pemandangan yang biasa ditemui di rumah Daeng Manda, yang beralamat di Jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar, tepat di sisi kanan Masjid Al Abrar.

Sore itu, seperti aktivitas kesehariannya Daeng Manda ditemui sedang membuat anyaman boneka dari daun lontara. Dia tengah sibuk menyelesaikan beberapa boneka yang dipesan oleh salah satu foundation di Jogyakarta. Itulah sekelumit aktivitas sosok Daeng Manda, sang Maestro Seni asal Sulawesi Selatan.

Ditemani cucunya, Daeng Manda bercerita tentang banyak hal mengenai aktivitasnya didunia tari dan membuat boneka dari daun lontara di rumahnya. Diusianya yang sudah memasuki 85 tahun, dirinya cukup cekatan merangkai anyaman-anyaman daun lontar (sebut Lontara-red) mejadi satuan bentuk boneka tarian khas Bugis-Makassar.

Pria yang lebih akrab disapa Nenek Manda oleh masyarakat setempat ini, sore itu bercerita tentang pembuatan boneke tarian Bugis-Makassar dengan daun lontara bukan tanpa sebab. Hal ini dikarenakan selain sebagai pohon yang merupakan identitas kejayaan kerajaan Gowa di masa lalu, daun pohon lontara juga sangat kuat dan bisa bertahan lama untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan boneka.

Dimana boneka-boneka dari daun lontara ini kemudian dihiasi dengan menggunakan pakaian khas Bugis-Makassar berdasarkan strata sosial dalam tatanan Kerajaan Gowa. Seperti misalnya ada boneka tarian dengan menggunakan baju berwarna hijau, artinya si penari ini adalah anak tutu, yakni adalah seorang dari keturunan bapak turunan raja dan ibu juga turunan raja.

Sedangkan untuk boneka dengan pakaian berwarna merah sebagai tanda bahwa sang penari ini dari keturunan yang tinggi derajatnya, apakah ayah yang tinggi derajatnya atau dari pihak ibu yang tinggi derajatnya. Dirinya juga mengungkapkan bahwa pembuatan Boneka tarian Bugis-Makassar ini bukan untuk dijual, tetapi untuk bahan edukasi tentang nilai-nilai kesenian yang ia ciptakan.



loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445