Ternyata Petai Bisa Atasi Depresi

Jumat , 20 Oktober 2017 16:02

Penulis : Slamet
Editor : Abdul Gafar Syam Mattola

Petai bermanfaat bagi kesehatan.

LINTASTERKINI.COM - Petai atau biasa disebut pete, siapa sih yang tak tahu makanan ini? Petai adalah sejenis lalapan yang masuk dalam kategori polong-polongan, berbentuk bulat pipih, dengan warna hijau khas. Manfaat petai ini sangat besar bagi kesehatan, salah satunya bisa mengatasi depresi lho!

Petai ini merupakan makanan yang sangat digemari oleh sebagian masyarakat Indonesia, karna rasanya yang khas. Namun, meskipun banyak disukai oleh sebagian orang, ternyata tak sedikit pula yang membenci makanan ini, tak lain karna baunya minta ampun.

Bau tidak sedap yang muncul saat mengkonsumsi petai dikarenakan adanya kandungan Asam Amino pada biji petai yang mengandung unsur Sulfur. Kandungan tersebut yang membuat biji petai menghasilkan bau yang tidak sedap.

Meskipun petai menghasilkan bau yang tidak sedap, namun petai ini juga mengandung banyak sekali gizi yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat petai untuk kesehatan :

1. Mengatasi depresi
Adanya Kandungan Triptofan dalam biji petai atau sejenis protein yang diubah tubuh menjadi Sertonin yang dapat membuat tubuh menjadi rileks, menigkatkan mood, serta merasa bahagia.

2. Meningkatkan kualitas tidur
Tingginya kandungan Asam Amino dan kandungan Triptofan pada petai bisa membantu menigkatkan kualitas tidur, membantu memberikan efek menenangkan, dan juga membantu mengatasi kecemasan yang dapat membuat Anda memperoleh kualitas tidur yang lebih baik.

3. Meningkatkan fungsi kognitif otak
Kandungan Kalium pada petai juga bisa untuk menjaga cairan tubuh. Kalium merupakan salah satu mineral yang penting untuk tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolik. Peningkatan kadar nutrisi ini memungkinkan oksigen untuk mencapai otak, sehingga bisa meningkatkan fungsi kognitif dan merangsang aktivitas saraf.

4. Menurunkan Tekanan darah tinggi
Petai ini banyak mengandung Kalium, namun garam rendah. Sehingga bagus untuk mengurangi darah tinggi.

5. Mengatasi sembelit
Kandungan serat dalam petai dapat bermanfaat untuk mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan tanpa harus kembali ke laksativ.

6. Menjaga kesehatan jantung
Kemampuan petai untuk mengurangi kolesterol dan hipertensi cukup ampuh, hal ini yang membuatnya dapat mengurangi dan mengobati sakit jantung.

7. Mencegah anemia
Karna Kandungan zat besi pada petai cukup tinggi, sehingga dapat membantu merangsang pembentukan Haemoglobin dalam darah.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh
Pete mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh, yang pada akhirnya bisa membantu Anda dalam mencegah terserangnya berbagai macam penyakit.

Nah, itulah beberapa kasiat petai untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat. (*)


loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445