Halija, Jualan Kue untuk Bantu Ekonomi Keluarga

Selasa , 23 Mei 2017 00:13

Penulis : Nirwan (Mahasiswa Sosiologi Fisip Universitas Sawerigading Makassar)
Editor : Abdul Gafar Mattola

Ibu Halija, penjual kue untuk membantu ekonomi keluarga.

MAKASSAR – Namanya kerap disapa dengan sebutan Bu Lija. Pedagang kue yang bertempat tinggal di Daya Makassar ini setiap saat dapat dijumpai di depan emperan toko Indomaret BTN Hamzi Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar.

Dia adalah seorang ibu rumah tangga, berkeinginan keras mambantu suami memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga sehari-hari. Menjual kue bagi Ibu Lija sudah cukup lama dijalani, sejak mulai merasakan ekonomi keluarga yang serba kekurangan.

Ibu Lija sendiri bertekad membantu suami mencari nafkah. Di benaknya, daripada dirinya tinggal di rumah tidak ada kegiatan, lebih baik dia ikut memutar otak untuk membantu suami mencari nafkah.

Dia  ke tempat berjualan kue sehari-hari mengendarai sepeda motor. Berjualan kue hampir setiap hari dilakoni mulai pukul 06.00 Wwita Р17.00 wita, ditemani  seorang rekannya. Kue yang dijajakannya itu berasal dari titipan orang lain. Hasil titipan kue itu, Ibu Lija meraih keuntungan Rp.200 per buah.

Penghasilan keseluruhan Ibu Lija dalam menjual kue yang dititip oleh orang setiap hari boleh dikatakan tidak menentu. Pendapatannya tergantung kondisi pembeli, kadang ramai, tapi bahkan kadang juga sepi pembeli.

“Penghasilan menjual kue dalam sehari bisa sampai Rp1.800.000. Tapi itu masih pendapatan kotor dan belum dibagi-lagi dengan pemilik kue, terkadang juga Rp2.000.000 per harinya jika banyak pembeli,” ucap Ibu Lija.

Ada bermacam kue yang dijual Ibu Lija mulai dari kue donat, pawa, jalangkote, panada dan banyak lagi macamnya. Ibu Lija setiap hari menjual kue sebanyak 1000 biji, bahkan malah biasa lebih dari jumlah itu.

Ibu Lija ini adalah gambaran sosok seorang perempuan hebat, yang mandiri. Dia memiliki semangat yang tinggi untuk ikut membantu suami. Harapan ibu penjual kue ini adalah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saja dan selalu menjadi istri yang terbaik buat suami. (*)

loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445