Logo Lintasterkini

UMI Makassar Terima Bantuan Pengembangan Inkubator Bisnis 2018

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Kamis, 24 Mei 2018 01:46

Rektor UMI Makassar, Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar.
Rektor UMI Makassar, Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar.

SURABAYA – Pusat Inkubator Bisnis Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dinyatakan lolos dari dua belas inkubator bisnis se-Indonesia. Penandatanganan MoU kerjasama Swakelola Program Pengembangan Kelembagaan Inkubator Bisnis Teknologi dengan Dirjen Kelembagaan Ipteks dan Perguruan Tinggi dilaksanakan di Hotel Novotel Surabaya, Rabu, (23/5/2018). Hal ini disampaikan Rektor UMI, Prof. Dr. Hj Masrurah Mokhtar, MA di sela-sela acara pembukaan pelatihan di Hotel Novotel Surabaya.

Kepercayaan ini tentu menjadi motivasi kepada.pengelola inkubator Bisnis UMI untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas program dalam pembinaan kepada calon pengusaha pemula produktif, khususnya bagi dosen, karyawan maupun mahasiswa. Kegiatan ini dirangkaikan dengan pelatihan konsep inkubator bisnis teknologi bagi pengelola yang berlangsung tanggal 23-26 Mei 2018 dan diikuti Ketua Pusat Inkubator Bisnis UMI, Dr. Zainuddin Rahman MSi dan staf.

“Tentunya pengelola inkubator Bisnis UMI ini betul-betul memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan ilmu dan skill bagaimana mendesain model dan rencana pengelolaan inkubator yang profesional sekaligus menjalin kemitraan dengan mereka yang telah sukses terlebih dahulu,” Prod Dr Hj Masrurah.

Sementara itu, Direktur Kawasan Sains Teknologi Lembaga Penunjang Lainnya, Lukito Hasta sebagai Panitia mengatakan, program kick off meeting ini adalah kegiatan tahunan. Dia menyebutkan, tahun 2018 ada 70 proposal dan 71 lembaga dan 27 yang terseleksi. Dari 27 proposal telah hadir 50 undangan 9 PTN BH, 5 inkubator baru dan 11 non PT BH, sehingga seluruhnya ada sebanyak 20 inkubator.

“Saya berharap melalui kegiatan ini peserta mampu mengelola SDP sesuai juknis dan menunjang SDP di masing-masing lokasi. Selain itu diharapkan penerima bantuan, khususnya lima lembaga yang khusus mendapat fasilitas, diharapkan satu tahun ke depan mampu menunjukkan prestasi dalam pengelolaan inkubasi yang lebih profesional dan melakukan pembinaan terhadap tenant binaan inkubator,” harap Lukito.

Sementara Dirjen Kelembagaan Ipteks, Patdono Suwitnyo sebelum membuka acara mengatakan, dirinya sangat berharap, kedepan tidak lagi fokus pada pelatihan, tetapi ditekankan pada action yakni implementasi program.

Sementara itu, Kepala Pusat Inkubasi Bisnis UMI, Dr Zainuddin menambahkan, bahwa untuk tahun 2018 UMI Makassar menerima bantuan sebesar Rp.200.000.000 bersama inkubator Skystar Venture, Asosiasi Klaster Indonesia, Universitas Syiah Kuala, PGRI Semarang, Unismuh Sumatera Utara, Universitas Sriwijaya, Politeknik Negeri Kupang, STMIK Primakara Bali, Malep Techno Park, Universitas Airlangga dan Pusinov LIPI. (*/B)

 

Penulis : Slamet

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Maret 2024 09:47
Polsek Rappocini Bubarkan Pesta Miras dan Judi, Lima Diamankan
MAKASSAR – Bukannya menjadikan bulan Ramadhan ajang mendapatkan pahala, sejumlah pemuda di Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) malah melakukan pe...
News29 Maret 2024 05:09
Banjir Bandang Terjadi di Kota Palopo, Ketinggian Air 1,5 Meter
PALOPO – Akibat air bah dari hulu Sungai Latuppa menyebabkan banjir kembali menimpa sejumlah wilayah di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), ...
News29 Maret 2024 02:16
Astra Motor Sulsel Resmi Kenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS
MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi m...
News29 Maret 2024 01:57
Produksi Lebih Cepat, Kalla Beton Kembangkan Produk Precast
MAKASSAR – Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangka...