Logo Lintasterkini

Mendikbud Optimis UN 2017 Bisa Dilaksanakan Sesuai Jadwal

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Sabtu, 24 Desember 2016 09:06

Mendikbud Muhadjir Effendy.
Mendikbud Muhadjir Effendy.

LINTASTERKINI.COM – Keputusan Presiden Joko Widodo mempertahankan Ujian Nasional (UN) membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harus bergerak cepat mempersiapkan UN 2017 yang akan berlangsung sekitar April atau Mei mendatang. Menanggapi hal itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy tetap optimis UN bisa dilaksanakan sesuai jadwal.

“Insya Allah masih bisa,” ujar Muhadjir singkat, kemarin.

Dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Presiden Jokowi membatalkan rencana moratorium UN. Dia menilai, UN masih dibutuhkan untuk menjadi tolok ukur kualitas pelajar Indonesia.

Menurut dia, akan sulit untuk mengukur kualitas pelajar Indonesia setelah mengikuti kegiatan belajar dan mengajar tanpa adanya UN. Sebelumnya, kabar UN dimoratoriumkan sudah berhembus kencang.

Tanda-tandanya, Presiden sudah menerima kajian panjang dari Muhadjir, dan belum ada tender pelaksanaan UN hingga Desember 2016 ini. Sebab, pada umumnya tender pelaksanaan UN dimulai sejak Oktober.

Muhadjir menolak berkomentar lebih jauh terkait dengan apa yang akan dilakukan untuk memastikan UN 2017 bisa terlaksana. Meski begitu, dia memastikan UN bisa konsisten berjalan baik.

Salah satu hal yang akan dilakukannya, kata Muhadjir, adalah meningkatkan kualitas guru tersertifikasi lewat berbagai kegiatan lokakarya. Selain itu, melibatkan guru dalam menyiapkan soal-soal ujian berstandar nasional.

“Itu nanti di bawah kendali Badan Standar Nasional Pendidikan, di bawah bimbingan lembaga penilai Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, serta Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik serta Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak untuk pengarahan konten,” ujar Muhadjir. (*)

 Komentar

 Terbaru

News18 April 2024 07:36
Halal Bihalal IKA SMANSA 81 Momentum Lepas Rindu Sesama Alumni
MAKASSAR – Alumni SMAN 1 Makassar berkumpul dan melepas rindu di kediaman pribadi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto Jalan Amirullah, Rabu (...
News17 April 2024 21:38
Jelang Masa Kepemimpinan AIH Berakhir, BKPSDM Pinrang Pastikan Tidak Ada Mutasi
PINRANG — Kabar akan adanya mutasi atau pergeseran jabatan di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang jelang berakhirnya masa jabatan Bupa...
Ekonomi & Bisnis17 April 2024 19:52
Libur Lebaran, Bugis Waterpark Adventure Semakin Diminati Turis Domestik
MAKASSAR – Sejumlah turis domestik menikmati liburan di Bugis Waterpark Adventure (BWP). Wisata air ini menjadi destinasi wisata favorit untuk m...
Ekonomi & Bisnis17 April 2024 16:24
Swiss-Belcourt Makassar Tawarkan Paket Halal Bihalal Seharga Rp 88.000/orang
MAKASSAR – Setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan, ini adalah waktu yang tepat untuk melaksanakan halal bihalal usai Hari Ra...