Logo Lintasterkini

Agus Yudhoyono, Seorang Perwira Karir Dengan Prestasi “Mengerikan”

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Minggu, 25 September 2016 12:51

Agus Yudhoyono, seorang perwira karir dengan prestasi yang "mengerikan".
Agus Yudhoyono, seorang perwira karir dengan prestasi yang "mengerikan".

LINTASTERKINI.COM – Munculnya nama Agus Yudhoyono sebagai penantang petahana Basuki Tjahya Poernama (Ahok) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 ini jelas membuat masyarakat kaget. Sebagai politisi, putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih sangat hijau di dunia politik, namun tidak dengan segudang prestasinya yang ‘mengerikan’.

Sejumlah Partai Politik poros Cikeas yang terdiri dari partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN resmi mengusung Agus Yudhoyono sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta, Jumat (23/9/2016) dini hari, .

Kala berumur 22 tahun, Agus muda meraih Adhi Makayasa dari Akademi Militer (Akmil). Sekedar informasi saja, Adhi Makayasa adalah penghargaan yang hanya diberikan kepada satu orang lulusan terbaik TNI/Kepolisian.

Bukan hanya di Akmil, sedikitnya suami dari Annisa Pohan ini mengantongi empat status sebagai lulusan terbaik di Kursus Dasar Petugas Infanteri (2001), Kursus Intelejen Tempur (2001), Kursus Petugas Operasi Batalyon (2004) dan Kursus Manuver Karir Kapten, Fort Benning (2011).

Jika ditarik mundur lagi, pemimpin Yonif Mekanis 203/Arya Kemuning, Kodam Jaya ini adalah lulusan SMP Negeri 5 Bandung yang begitu bergengsi dan pernah jadi ketua OSIS serta lulusan terbaik di SMA Taruna Nusantara. Itu untuk kariernya sebagai prajurit, apakah Agus punya prestasi dalam dunia akademik? Ada. Siapkan dirimu.

Pada 2006, Agus menyelesaikan gelar Master di bidang Pendidikan Strategis dari Institut Pertahanan dan Pendidikan Strategis, Universitas Teknologi Nanyang (NTU) Singapura.

Lulus dar NTU, Agus berangkat sebagai Kontingen Garuda XXIII-A ke Lebanon. Aktif dalam menjaga perdamaian dunia, Agus juga membantu pembentukan Universitas Pertahanan yang membuatnya terpilih dalam program Master di Universitas Harvard pada tahun 2009.

Karena prestasinya, Agus sering jadi pembicara bidang militer di luar negeri © Instagram @agusyudhoyonoKarena prestasinya, Agus sering jadi pembicara bidang militer di luar negeri © Instagram @agusyudhoyono

Setahun sekolah di Harvard, ayah dari Aira Yudhoyono ini berhasil menyandang gelar Master Administrasi Publik. Jika kamu tak tahu, Agus adalah salah satu mahasiswa program platinum Kennedy School yaitu Edward S Mason Fellowship.

Di mana ini hanya dikhususkan untuk mahasiswa internasional dari negara berkembang. Mereka yang ikut program ini harus punya pengalaman profesional minimal delapan tahun dan Agus adalah satu-satunya perwira militer yang ikut program ini.

Seakan belum berakhir, pada Juni 2014, Mayor Agus menempuh tugas pendidikan militer setingkat Seskoad di Command and General Staff College (CGSG) di Fort Leavenworth, Kansas, Amerika Serikat. Setahun sekolah, Agus lulus dengan hasil sempurna yakni IPK 4,0. Di saat bersamaan pula, Agus rupanya meraih gelar Master of Arts (MA) dalam Kepemimpinan dan Manajemen dari Universitas Webster dengan IPK 4,0 juga. Jadi bagimana, sudah jatuh hati dengan mas Agus?

(Sumber : Kapanlagi.com)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Maret 2024 09:47
Polsek Rappocini Bubarkan Pesta Miras dan Judi, Lima Diamankan
MAKASSAR – Bukannya menjadikan bulan Ramadhan ajang mendapatkan pahala, sejumlah pemuda di Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) malah melakukan pe...
News29 Maret 2024 05:09
Banjir Bandang Terjadi di Kota Palopo, Ketinggian Air 1,5 Meter
PALOPO – Akibat air bah dari hulu Sungai Latuppa menyebabkan banjir kembali menimpa sejumlah wilayah di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), ...
News29 Maret 2024 02:16
Astra Motor Sulsel Resmi Kenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS
MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi m...
News29 Maret 2024 01:57
Produksi Lebih Cepat, Kalla Beton Kembangkan Produk Precast
MAKASSAR – Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangka...