Tahun 2018 Diwarnai Lima Kali Gerhana

Senin , 25 Desember 2017 19:05

Penulis : Slamet
Editor : Abdul Gafar Syam Mattola

Ilustrasi.

MAKASSAR - Setelah terjadi empat gerhana di tahun 2017 ini, tahun 2018 mendatang akan dihiasi lima peristiwa gerhana yakni dua gerhana bulan dan tiga gerhana matahari. Lalu, bisakah diamati di Indonesia?

Sebelum menjelaskan lebih jauh, terjadinya gerhana ini bukan pertanda bencana. Beberapa orang mungkin menganggap seringnya terjadi gerhana tandanya akan terjadi bencana. Faktanya, kedua hal tersebut tidak ada korelasinya.

Dalam astronomi, gerhana terjadi ketika tiga benda langit berada dalam satu garis lurus. Dalam hal ini, matahari, bulan, dan bumi. Gerhana bulan teradi saat bumi berada diantara matahari dan bulan, dan gerhana matahari terjadi ketika bulan berada diantara matahari dan bumi.

Lalu, mengapa tidak terjadi gerhana tiap satu bulan kalender? Ini dikarenakan bulan mengorbit bumi dengan jalur orbit yang miring sekitar 5 derajat terhadap ekliptika. Ada kalanya bulan berada terlalu tinggi 5 derajat dari ekliptika, kadang pula terlalu rendah 5 derajat dari ekliptika, sehingga gerhana tidak terjadi. Gerhana baru terjadi ketika ketiga benda langit ini mencapai titik syzygy (segaris lurus sempurna).




loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445

Baca Juga close