Logo Lintasterkini

Gowa Kabupaten Pendidikan Direspon 96,5% Masyarakatnya

Budi S
Budi S

Selasa, 26 Maret 2019 16:05

Gowa Kabupaten Pendidikan Direspon 96,5% Masyarakatnya

GOWA, –Langkah Pemkab Gowa menjadikan Daerahnya sebagai Kabupaten Pendidikan pertama di Sulsel sangat didukung oleh masyarakatnya. Hal tersebut dibenarkan oleh Jaringan Survei Indonesia (JSI) usai melakukan survei pada pertengan Maret 2019 lau.

“Terkait upaya Pemkab menjadikan Gowa sebagai kabupaten Pendidikan itu memang sangat besar respon dan kepercayaannya dimasyarakat. Persentasenya bahkan mencapai 96,5%,”kata Ketua JSI Eka Kusmayadi, Senin (25/3/2019) kemarin.

Namun menurutnya, program ini masih perlu sosialisasi. Sebab tingkat pengetahuan masyarakat terkait program Gowa Kabupaten Pendidikan baru mencapai 49 %.

Program pendidkan memang menjadi perhatian sendiri bagi Pemkab Gowa. Beragam inovasi telah ditelorkan. Program ini diikuti dengan semakin tingkatnya kesadaran masyarakat di bidang pendidikan.

Dalam survei JSI, dari 20 program kerja yang dinilai paling penting oleh masyarakat, point tertinggi adalah pendidikan gratis sebesar 44,9% diikuti kesehatan gratis 29,3 %.

Sementara tingkat kepuasan terhadap program kerja, pendidikan gratis memgantongi 97,6%, mata pelajaran Imtaq Indonesia 96,7%, Investasi Sumber Daya Manusia 1/4 abad 89,6% serta sistem kelas tuntas berkelanjutan 84,9%.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL mengharapkan untuk semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memberikan dukungan maksimal dalam menjadikan Gowa Kabupaten Pendidikan

Menurutnya, Gowa sebagai kabupaten pendidikan merupakan sebuah gerakan, dia tidak berdiri sendiri harus melibatkan banyak pihak untuk mewujudkannya.

“Olehnya itu, sejumlah poin penting yang telah dan harus diterapkan seperti terciptanya sistem persekolahan, terciptanya sentra edukasi, terbentuknya kampung inggris (english camp),” ujarnya.

Tak hanya itu, dia juga menjabarkan sistem persekolahan yang dimaksud, yakni sistem persekolahan secara manajerial yang meliputi sekolah berbasis IT, berbasis ramah anak dan berbasis ramah lingkungan. Dan sistem persekolahan secara akademik yakni, sistem kelas tuntas berkelanjutan (SKTB) dan Imtaq Indonesia. (*)

 Komentar

 Terbaru

Gaya Hidup29 Maret 2024 15:10
7 Tips Puasa Ramadan Saat Badan Kurang Fit
LintasTerkini.com – Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Islam menjalani puasa da...
News29 Maret 2024 14:09
Lurah Tamparang Keke Lantik dan Kukuhkan Pengurus Karang Taruna
MAKASSAR – Pengurus Karang Taruna Kelurahan Tamparang Keke, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, periode 2024-2028 resmi dibentuk dan dikukuhkan d...
Hukum & Kriminal29 Maret 2024 09:47
Polsek Rappocini Bubarkan Pesta Miras dan Judi, Lima Diamankan
MAKASSAR – Bukannya menjadikan bulan Ramadhan ajang mendapatkan pahala, sejumlah pemuda di Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) malah melakukan pe...
News29 Maret 2024 08:15
Kendala Arus Mudik di Jalur Darat Sulsel, Pj Gubernur Minta Antisipasi
MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Terpusat Ketupat 2024 dalam Rangka Pengaman...