Logo Lintasterkini

HACGAM Capacity Building Program oleh Bakamla Resmi Ditutup

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 26 April 2019 19:18

HACGAM Capacity Building Program oleh Bakamla Resmi Ditutup

SEMARANG – Pelatihan bertajuk “Law of the Sea and Maritime Enforcement Training” yang merupakan kontribusi Bakamla selaku perwakilan Indonesia dalam forum Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM), secara resmi ditutup di Jakarta Cente for Law Enforcement Cooperation (JCLEC) di Semarang, Jawa Tengah, (26/4/2019)

Pelatihan yang diikuti oleh 18 negara anggota HACGAM, yaitu: Australia, Bangladesh, Brunei Darrussalam, Filipina, Jepang, Hong Kong SAR, India, Indonesia, Korea Selatan, Pakistan, Maladewa, Myanmar, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, Turki, Thailand, dan Vietnam, diselenggarakan atas kerja sama antara Bakamla dengan JCLEC.

Pada pelatihan ini, peserta diberikan materi tentang Hukum Laut Internasional oleh akademisi dari Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, materi tentang Rejim Lintas oleh Kadiskum TNI AL Laksma TNI Kresno Buntoro, S.H., L.LM., Ph.D, dan materi tentang isu-isu keamanan maritim regional dan global oleh perwakilan dari House of Ocean, Regional Support Office (RSO) Bali Process, United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), Korea Coast Guard, dan Kementerian Luar Negeri Indonesia. Peserta juga melaksanakan syndicate exercise dalam rangka memecahkan suatu permasalahan hukum di laut.

Dari empat hari kegiatan yang telah dilaksanakan, peserta sangat antusias untuk bekerja sama, bertukar pandangan, dan berbagi pengalaman dalam memecahkan isu-isu keamanan laut di negara masing-masing. Kolaborasi antar peserta pelatihan dalam pelaksanaan kegiatan ini sejalan dengan harapan dan tujuan dari Bakamla selaku penyelenggara kegiatan yang ditekankan dalam sambutan Pembukaan Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A. Taufiq R.

Selain itu, Kepala Bakamla juga berharap kolaborasi yang baik antar peserta dalam pelatihan ini  dapat terus dijaga. Dengan demikian kerja sama keamanan dan keselamatan laut di kawasan dapat terus diperkuat. Hal ini disampaikan oleh Kasi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Bakamla Letkol Bakamla Hudiansyah Is Nursal S.H., M.I.L.I.R. saat membacakan sambutan penutupan Kepala Bakamla di akhir kegiatan.

Kegiatan HACGAM Capacity Building Program “Law of the Sea and Maritime Enforcement Training” merupakan agenda tahunan yg dilaksanakan oleh Bakamla sebagai bentuk kontribusi Indonesia dalam rangka peningkatan kapasitas untuk personel coast guard se-Asia. Selaku salah satu Lead Country pada Pilar Kerjasama Capacity Building pada Forum kerja sama coast guard di Asia, Bakamla berkomitmen penuh untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk peningkatan kapasitas personel coast guard di kawasan. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis18 April 2024 17:56
Yuk Ikuti Fun Run PHRI Sulsel Berhadiah Umroh, Biaya Pendaftaran Rp175 Ribu
MAKASSAR – Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel menggelar Fun Run sepanjang 5,5 kilo meter 2024. Fun Run 2024 PHRI ini berlang...
News18 April 2024 17:28
Astra Motor Sulsel Ajak Masyarakat Pahami Fungsi Marka Jalan Agar #Cari_Aman Selama Berkendara
MAKASSAR – Marka jalan yang merupakan rambu-rambu lalu lintas berupa garis melintang, membujur, dan menyerong, memiliki peran penting di jalur l...
Ekonomi & Bisnis18 April 2024 11:29
Kalla Toyota Luncurkan Emergency Support di Aplikasi Kallafriends, Dapat Diakses Dimana Saja
MAKASSAR – Untuk memberi kemudahan kepada pelanggan dalam kondisi darurat, Kalla Toyota luncurkan emergency support di aplikasi Kallafriends. Me...
Pendidikan18 April 2024 10:50
Ide Gagasan paling Rasional, Ivan Kalalembang Didukung Sejumlah Angkatan 
MAKASSAR – Calon Ketua IKA SMA Negeri 8 Makassar (Smandel) Ivan Kalalembang telah mendapatkan dukungan sejumlah angkatan. Dengan demikian dipast...