Logo Lintasterkini

Anak Mulai Bohong Tanda Mulai Pintar

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 30 September 2016 10:38

Anak yang mulai berbohong tanda mulai pintar.
Anak yang mulai berbohong tanda mulai pintar.

LINTASTERKINI.COM – Anak Anda suka berbohong? Jangan khawatir, itu tandanya anak pintar. Hal itu diungkapkan oleh Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani atau akrab disapa Nina.

Ia menjelaskan anak yang sudah mulai bisa berbohong menunjukkan bahwa kecerdasannya sudah mulai tumbuh. Biasanya ini terjadi ketika anak berusia 4, 5 atau 6 tahun. Dimana di usia ini anak sudah mulai bisa memahami mana yang benar dan salah. Nah usia di bawah empat tahun, anak belum bisa memahami.

“Saat anak berbohong dia sudah tahu mana yang benar dan mana yang salah. Tapi dia memilih melakukan yang tidak tepat. Kita sebagai orang tua harus jelaskan kalau itu yang disebut bohong. Bohong itu indikator pemahaman anak sudah jalan. Anak sudah cerdas,” jelasnya kepada wartawan usai konferensi pers peluncuran kampanye ‘Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya’, yang diselenggarakan oleh SGM Eksplor di Jakarta, Selasa (27/9).

Walaupun bohong menunjukkan anak cerdas, tapi tidak berarti hal itu dibenarkan. Nina menjelaskan, anak harus tahu kalau ibu sebagai orang tua tidak suka anaknya berbohong. Tinggal bagaimana caranya orang tua menunjukkan bahwa bohong itu tidak boleh. “Katakan pada anak bahwa bohong itu tidak benar dan tidak boleh diteruskan,” katanya.

Dia pun memberikan contoh bagaimana menyampaikan ke anak bahwa berbohong adalah hal yang tidak baik. “Ibu enggak suka ya kakak bohong. Itu namanya bohong. Ibu tahu yang bener yang mana,” ujarnya mencontohkan ucapan ibu pada anaknya yang berbohong.

Sementara pada anak usia di bawah empat tahun, Nina mengatakan, anak itu belum memahami mana yang baik dan salah. Mana yang maksudnya berbohong atau bukan. Sehingga ketika anak berbicara tidak sesuai atau seperti berbohong, kita sebagai orang tua harus memberikan pemahaman yang benar. “Oh maksud kamu begini ya,” ujarnya kembali mencontohkan. (*)

(Sumber : Republika.co.id)

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan19 April 2024 20:15
Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 untuk Mahasiswa Sulsel, Sulbar, Sulteng dan Sultra
MAKASSAR – Melihat presentasi putus kuliah di Indonesia Timur yang semakin tinggi, LAZ Hadji Kalla kembali menghadirkan program pemberian bantua...
News19 April 2024 18:10
Hati-hati! Akun Facebook Catut Nama Wali Kota Makassar Berkedok Donatur
MAKASSAR – Sebuah akun Facebook yang mencatut nama Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, beredar di Facebook. Akun yang ...
News19 April 2024 17:33
Jumat Sehat, GMTD Gelar Senam Sehat Bersama di Green River View 
MAKASSAR – PT Gowa Makassar Tourism Development,Tbk (GMTD) mengajak warga bersama karyawan PT GMTD melakukan kegiatan senam bersama setelah lebi...
News19 April 2024 16:05
Pj Gubernur Bahtiar Dianugerahi Gelar Adat Daeng Mappuji dari Dewan Adat Saoraja Bone
BONE – Dewan Adat Saoraja Bone menganugerahkan gelar adat kepada Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. Dengan nama Daeng Mappuji, gelar ini me...