TNI Membangun Tradisi Baru Ziarah ke Makam Mantan Presiden RI

Sabtu , 30 September 2017 17:44

Penulis : Letkol Inf Drs. Solih (Kasubbidstrakomnet Puspen TNI)
Editor : Abdul Gafar Syam Mattola

Penulis : Letkol Inf Drs. Solih (Kasubbidstrakomnet Puspen TNI).

LINTASTERKINI.COM - Bangsa yang bijak adalah bangsa yang mengenal sejarahnya. Mengapa kita sebagai Bangsa Indonesia harus mengenal sejarah bangsa kita sendiri? Kita jawab, karena sejarah adalah peristiwa yang sudah terjadi dan kemungkinan akan terjadi kembali pada generasi berikutnya.

Selain itu, dengan mempelajari catatan sejarah, kita akan lebih menghargai apa yang dimiliki sebagai bangsa. Betapa besar perjuangan para pahlawan kita untuk merebut kemerdekaan dari tangan-tangan para penjajah. Pengorbanan harta dan nyawa. Semua itu harus kita sadari, hormati dan dijadikan teladan serta contoh dalam hidup yang dijalani sekarang ini.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo kini mengingatkan kembali pada sejarah perjuangan kemerdekaan. Sebagai generasi penerus, Panglima TNI sengaja membangun tradisi baru dalam peringatan hari ulang tahun TNI, kini kali kedua ziarah ke makam tiga mantan presiden dan makam Jenderal TNI Soedirman.

Kegiatan tersebut dalam rangkaian menyongsong HUT ke-72 TNI. Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengajak seluruh Kepala Staf untuk berziarah ke makam para mantan presiden, Panglima Besar Soedirman dan para suhada yang gugur di medan perang Timor-Timur (sekarang Timor Leste). Tujuannya, agar seluruh prajurit TNI senantiasa mengenang sejarah perjuangan dan meneladani sikap para pahlawan.

Tradisi sebelumnya TNI setiap berulang tahun cukup ziarah ke makam pahlawan, dimana prajurit itu bertugas dan berada. Kini tradisi baru oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berbeda sebelumnya. Panglima TNI berharap bisa dilakukan setiap tahun dan bukan hanya saat dirinya menjabat sebagai Panglima.

Jenderal Gatot Nurmantyo berharap agar tradisi baru ini nantinya, dapat diteruskan panglima-panglima yang menjabat pada masa mendatang, sehinga budaya menghormati para pahlawan bisa dilestarikan oleh generasi penerus bangsa. Ziarah ke makam ini bentuk penghormatan prajurit terhadap para pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Ziarah merupakan ungkapan rasa hormat dan cinta terhadap para pahlawan yang telah berkorban untuk tegaknya NKRI, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati para pahlawannya. Para pendahulu telah mengantarkan bangsa ini ke depan pintu gerbang, tetapi yang meraskan hasil kemerdekaan adalah generasi muda.

Saat ini, perjalanan masih panjang dan perlu mengisi hasil kemerdekaan dengan karya-karya nyata untuk menegakan NKRI yang berdaulat, adil dan makmur. Ini yang diperlukan generasi muda TNI, mengikuti langkah para pahlawan kemerdekaan, karena Bung Karno pernah mengatakan bahwa perjuangan dirinya tidak begitu sulit, karena hanya mengusir penjajah.

Tetapi perjuanganmu nanti lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri, sehingga harus tetap waspada. Ziarah kubur adalah amalan yang sangat bermanfaat. Bagi orang yang berziarah, maka ziarah kubur dapat mengingatkan kepada kematian, melembutkan hati, membuat hati yang lapang, mengambil pelajaran, dan bersujud syukur kepada Allah yang maha besar yang telah memberikan nikmat dunia.




loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445