Logo Lintasterkini

Diduga Langgar Edaran KemenPAN-RB, Panwaslu Panggil Sekprov Sulsel

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 01 Januari 2018 21:22

Ilustrasi
Ilustrasi

PINRANG – Empat Bakal Calon Bupati (Balonbup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Balonwabup) Pinrang yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dipanggil Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pinrang. Mereka yang dipanggil itu yakni Kepala Dinas Penanaman Modal Daerah (PMD) Alimin, Kepala Dinas Sosial Hamka Mahmud, Camat Patampanua Andi Sofyan Nawir dan Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Latif.

Keempat pejabat ASN tersebut dipanggil Panwaslu untuk dimintai keterangan atau memberikan klarifikasi atas dugaan melanggar aturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Ketua Panwaslu Pinrang Ruslan Wadud yang dikonfirmasi awak media, Senin (1/1/2018) membenarkan adanya pemanggilan tersebut. Menurut dia, keempat pejabat yang masih berstatus ASN ini dimintai klarifikasi soal pemasangan baliho yang bergambar dirinya, karena hal itu diduga telah melanggar surat edaran KemenPAN-RB nomor B/71/M.SM.00.00/2017, tertanggal 27 Desember 2017.

“Surat edaran kemenPAN-RB yang diduga dilanggar itu yang menyebutkan PNS dilarang memasang spanduk atau baliho yang mempromosikan diri ataupun orang lain sebagai Bakal Calon Kepala Daerah atau Bakal Calon Wakil Kepala Daerah,” papar Ruslan Wadud.

Namun kata Ruslan, para Balon yang dipanggil dan dimintai klarifikasinya rata-rata menjawab tidak mengetahui adanya surat edaran KemenPAN-RB tersebut. Oleh sebab itu Ruslan mengingatkan kepada para Balon Bupati dan Balon Wakil Bupati agar tidak melibatkan ASN dalam kegiatan apapun, sehingga diharapkan ASN juga bisa menjaga asas netralitasnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
Hukum & Kriminal21 April 2021 03:00
Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
"Kejadiannya pada 18 Maret 2021, di Sulili Barat Paleteang," ungkapnya melalui keterangan resminya....
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Dunia Kampus21 April 2021 02:08
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Ketua Umum PP KPMP, Abdullah Pocing berharap, jika pengurus cabang Tiroang yang telah dilantik dapat mengemban amanah organisasi dengan penuh tanggung...
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
News21 April 2021 01:21
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
Ada pun tujuan patroli ini, untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas. Serta demi memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan....
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Bersama Melawan Covid-1920 April 2021 22:53
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Hal tersebut disampaikan Plt Kepala BPKA Makassar, Helmi Budiman kepada awak media, Selasa (20/04/2021)....