Logo Lintasterkini

Tembak di Tempat Bakal Dilakukan pada Demo 4 November

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 01 November 2016 05:41

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus S
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus S

JAKARTA- Pengamanan aksi unjuk rasa ormas Islam pada 4 November mendatang siap dilakukan. Pihak Mabes Polri mengaku bakal menerapkan perintah tembak di tempat, bila unjuk rasa berlangsung kacau.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus S mengatakan, untuk perintah tembak di tempat, tidak serta merta langsung dilakukan tanpa prosedur. “Itu adalah sebuah tahapan akhir dari tindakan kepolisian. Dari peringatan, penggunaan tangan kosong, sampai yang ketujuh menggunakan senjata,” ungkap Martinus di Mabes Polri, Senin (31/10/2016).

Martinus membeberkan, pihaknya sedari awal telah melakukan komunikasi agar para pengunjuk rasa bisa lebih tertib saat beraksi pada 4 November mendatang. Pihaknya, kata Martinus, telah melakukan langkah persuasif lebih dulu.

“Saya kira selama beberapa kegiatan-kegiatan aksi yang dilakukan elemen masyarakat apa saja, itu kan tidak sampai terjadi ada penembakan,” jelasnya.

Dia mengakui, penggunaan senjata dalam aksi unjuk rasa memang menjadi kewenangan dalam Polri. Tapi, kata dia, penggunaan senjata adalah pilihan terakhir dari beberapa tindakan. Tentu harus sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

“Itu pilihan terakhir dari beberapa tindakan kita yang harus dilalui prosedurnya,” kata Martinus.

Dia mengimbau, agar para pengunjuk rasa bisa tertib dalam melakukan aksinya. Agar terhidar dari segala hal yang merugikan.

“Mari kita melakukan aksi dengan tertib, karena ada masyarakat juga yang melakukan aktivitas sehingga kita butuh ketertiban di dalam melakukan aksi itu,” pungkasnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

API Ikut Dukung Program Makassar Recover, Sudah Bentuk Forum Khusus
News19 April 2021 13:07
API Ikut Dukung Program Makassar Recover, Sudah Bentuk Forum Khusus
Makassar Recover merupakan program yang dicanangkan Pemkot Makassar melalui Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. Sudah diluncurkan pada (5/3/2021) ...
95 Persen Peserta UTBK-SBMPTN Unhas Ikut Ujian
Dunia Kampus19 April 2021 12:48
95 Persen Peserta UTBK-SBMPTN Unhas Ikut Ujian
MAKASSAR — Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Gelombang I Universitas Has...
Dosen Unibos Beri Bantuan Ternak Sapi di Bone
Dunia Kampus19 April 2021 11:16
Dosen Unibos Beri Bantuan Ternak Sapi di Bone
Kegiatan ini dilakukan dengan pemberian ternak sapi remaja bagi warga setempat yang sebelumnya juga telah menerima bantuan ayam petelur berbasis rumah...
DPR Sebut Keputusan Pindah Ibu Kota Banyak Dilakukan Negara Lain
News19 April 2021 11:07
DPR Sebut Keputusan Pindah Ibu Kota Banyak Dilakukan Negara Lain
Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron menyebut keputusan untuk memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) adalah hal biasa....