Logo Lintasterkini

Menkes Temui Panglima TNI Bahas Kesiapan Vaksinasi Covid-19

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Sabtu, 02 Januari 2021 20:50

Menkes Budi Gunadi Sadikin bersama Panglima TNI, Masekal TNI Hadi Tjajanto, S.I.P
Menkes Budi Gunadi Sadikin bersama Panglima TNI, Masekal TNI Hadi Tjajanto, S.I.P

JAKARTA — Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P didampingi Asops Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang, Kapuskes TNI Mayjen TNI Tugas Ratmono, Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad dan mantan Kapuskes TNI Mayjen TNI (Purn) dr. Ben Yura Rimba, MARS menerima kunjungan Menteri Kesehatan (Menkes), Ir. Budi Gunadi Sadikin. Penerimaan Menkes dilakukan di Subden Denma Mabes TNI, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (31/12/2020).

Kunjungan Menkes Budi didampingi oleh Wamenkes dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD, Ph.D, Sekjen drg. Oscar Primadi, MPH., Dirjen Pelayanan Kesehatan Prof.DR. dr. Abdul Kadir, PhD, Sp.THT-KL(K), MARS dan Plt. Dirjen P2P dr.M.Budi Hidayat. Dalam pertemuan tersebut, Menkes Budi menyampaikan rencana pelaksanaan vaksinasi nasional yang rencananya akan segera dilaksanakan vaksinasi nasional sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Kemenkes RI meminta bantuan kepada TNI yang dinilai memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas kesehatan yang lengkap serta Alutsista dalam mendukung pendistribusian dan pelaksanaan vaksinasi nasional ke seluruh wilayah Indonesia, khususnya pulau terluar dan wilayah terpencil,” kata Menkes Budi.

Menurut Budi Gunadi Sadikin, rencana vaksinasi harus dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian serta persiapan matang. Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama terkait rencana vaksinasi nasional diantaranya ketersediaan vaksin, kesiapan sarana prasarana, SDM yang bertugas, strategi distribusi, serta proses vaksinasi.

Menanggapi hal tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa Vaksinasi Covid-19 merupakan program nasional. Untuk itu, Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap mendukung rencana pelaksanaan vaksinasi nasional yang akan dilakukan Kementerian Kesehatan.

“TNI ikut berperan aktif dalam membantu Kemenkes RI khususnya menyiapkan kapasitas sumber daya manusia dan TNI telah melaksanakan kegiatan Training of Trainer pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang digelar di Mabes TNI Cilangkap beberapa waktu lalu,” kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal20 Januari 2022 14:54
Polisi Tangkap Penyebar Video Mesum Pelajar di Tana Toraja
TORAJA – Aparat Reskrim Polres Tana Toraja melakukan penangkapan terhadap YP (22) karena diduga merekam dan menyebarkan video mesum. YP (22), ad...
News20 Januari 2022 13:30
Sampah di Jalan Deppasawi Dalam Dibersihkan, Warga Apresiasi Camat Tamalate
"Hampir setiap hari warga membuang sampah di lokasi tersebut karena melihat ada penumpukan sampah. Jadi warga mengira kalau tempat itu jadi tempat sam...
Hukum & Kriminal20 Januari 2022 10:08
Sempat Ditahan di Polres Palopo, Warga Palopo ini Minta Keadilan ke Presiden Jokowi
"Selama 56 hari dari sejak tanggal 31 Desember 2020 sampai dengan tanggal 28 Februari 2021 saya ditersangkan membuat dan memalsukan surat kematian ole...
Hukum & Kriminal20 Januari 2022 01:35
Klinik Kecantikan di Makassar Ini Sudah Palsukan 100 Lembar Hasil PCR
Ia ditahan setelah disangkakan dugaan pemalsuan hasil tes PCR COVID-19. Pelaku diamankan Polrestabes Makassar di klinik miliknya pada Jumat (14/1/2022...