Logo Lintasterkini

Manfaatkan Car Free Day, BNNP Sulsel Gelar Pojok Konseling

Supriadi Lintas Terkini
Supriadi Lintas Terkini

Minggu, 02 Februari 2020 11:57

BNNP Sulsel Gelar Pojok Konseling di Car Free Day Kota Makassar.
BNNP Sulsel Gelar Pojok Konseling di Car Free Day Kota Makassar.

MAKASSAR–Provinsi (BNNP) Sulsel tak henti-hentinya untuk terus meminimalisir peredaran dan penggunaan narkoba.

Kali ini BNNP Sulsel memanfaatkan space publik Pemerintah Kota Makassar dengan menggelar pojok konseling keliling pada kegiatan mingguan yakni Cara Free Day yang bertepatan dengan kegiatan sosialisasi Reuni Ikatan Alumni SMA Negeri 01 Makassar angkatan tahun 85 di Jalan Jendral Sudirman, Ahad (2/2/2020).

Pada momen ini diketahui bahwa Pj Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb, tercatat sebagai salahsatu anggota Ikatan Alumni tahun 85 SMA Negeri 01 Makassar.

Para Alumni IKA 85 SMAN 01 Makassar pun sangat mangpresiasi dan dengan hadirnya terobosan Pojok Konseling BNNP Sulsel pada acara sosialisasi alumninya di Car Free Day itu.

“Bapak Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb salah satu motor penggerak terlaksananya Reuni IKA Tahun 85 dan kerjasama Walikota Makassar dan BNNP Sulawesi Selatan juga dapat dikomunikasikan dengan baik juga karena IKA 85 tentunya ini sangat kami apresiasi dengan terobosan seperti ini,” Ungkap Rudi Astono, salah satu Alumni IKA 85 SMA Negeri 01 Makassar.

Sementara itu, Kepala BNNP Sulsel, Brigjen Pol Idris Kadir mengatakan pojok konseling keliling ini merupakan sebuah terobosan yang dibuat untuk memudahkan warga mendapatkan pelayanan seputar rehabilitasi maupun konsultasi tentang narkoba.

“Jadi Pojok Konseling ini berperan dalam pemberian informasi layanan rehabilitasi ketergantungan Narkotika, dengan memberikan konseling dasar di lapangan, pelaksanaan Screening intervensi lapangan, pemeriksaan kesehatan dasar seperti cek tekanan darah dan tes urine jika ada permintaan, ” Ungkap Idris.

Layanan Pojok Konselin sendiri, Kata Idris, sudah berjalan sejak 23 Juni 2019 lalu. Cara kerjanya berpindah pindah setiap lokasi dengan waktu yang ditentukan.

“Jadi ini terobosan sudah lama dan setiap kali itu berpindah pindah tempatnya, dari lokasi mulai mal, gerai SIM, terminal dan bandara dan yang paling sering itu seperti pada di Car Free Day ini apalagi bertepatan dengan adanya kegiatan sosialisasi pasti bakal di manfaatkan untuk itu,” tuturnya.

Dengan begitu, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke kantor BNN Sulsel, jika memerlukan informasi terkait permasalahan rehabilitasi narkoba.

“Fungsinya sendiri mencegah pengaruh narkoba di tengah masyarakat, melakukan asesmen dan intervensi konseling dasar bagi pengguna coba sampai dengan situasional,”terang Idris.

Diketahui, selain Pojok Konseling BNNP Sulsel juga mengutus penyuluh Narkotika untuk mengisi dengan layanan penyuluhan dan pembagian leaflet berisi bahaya penyalahgunaan Narkotika, pencegahan dan penanganan pecandu melalui rehabilitasi kepada masyarakat yang lalu lalang. (*)

Penulis : Supe

 Komentar

 Terbaru

Nasional20 Februari 2024 23:54
Ini Harapan AMSI Terhadap Pengesahan Perpres Publishers Rights
JAKARTA – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo mengesahkan Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2024 ...
News20 Februari 2024 22:56
Puncak Acara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidenreng Rappang, Forkopimda Kompak Hadir
SIDRAP – Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah, S.I.K.M.H bersama Ketua Bhayangkari Cabang Sidrap Ny Siska Erwin Syah hadiri Puncak Acara Peringatan H...
Peristiwa20 Februari 2024 21:05
Mobil Bak Terbuka Kecelakaan di Gowa, 1 Tewas
GOWA – Lantaran berusaha menghindari kendaraan lain dari arah berlawanan, sebuah mobil bak terbuka yang mengangkut delapan penumpang masuk jurang se...
Hukum & Kriminal20 Februari 2024 20:29
Miris, Santri di Makassar Meregang Nyawa Dianiaya Temannya
MAKASSAR – Nasib malang menimpa AR (14), seorang santri di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Al Imam Ashim Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel)....