Logo Lintasterkini

98 Pemkot Bakal Hadir pada Rakernas Apeksi di Makassar

Redaksi
Redaksi

Kamis, 02 Februari 2023 08:58

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto (kanan), dan Ketua Apeksi, Bima Arya, menggelar rapat persiapan di kediaman Danny Pomanto, Jalan Amirullah, Rabu (1/2/2023) malam.
Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto (kanan), dan Ketua Apeksi, Bima Arya, menggelar rapat persiapan di kediaman Danny Pomanto, Jalan Amirullah, Rabu (1/2/2023) malam.

MAKASSAR – Sebanyak 98 pemerintah kota (pemkot) se-Indonesia akan hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2023 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hajatan akbar itu direncanakan digelar pada Juli mendatang. Makassar yang didaulat sebagai tuan rumah pun terus mempersiapkan diri untuk gelaran nasional ini.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, dan Ketua Apeksi, Bima Arya, yang juga Wali Kota Bogor menggelar rapat persiapan di kediaman Danny Pomanto, Jalan Amirullah, Rabu (1/2/2023) malam.

Danny Pomanto menyebut perhelatan besar ini dapat memicu pemulihan ekonomi. Makassar juga akan membuktikan kepada seluruh pemkot tentang branding Makassar Kota Makan Enak.

Posisi Pemkot Makassar, kata dia, sangat bagus karena makin menambah kepercayaan publik untuk melaksanakan agenda dengan skala internasional dan nasional.

“Terutama setelah pandemi, pemulihan ekonomi kita terus berjalan dan kita akan banyak jadi tuan rumah agenda nasional dan internasional. Ada juga ASEAN Architect Congress, agenda otonomi daerah pada April, dan lainnya,” ujar Danny Pomanto.

Dari sisi pendapatan sejalan dan berkaitan dengan branding Makassar Kota Makan enak. “Kita buktikan nanti dan kasih lihat ke pemkot lainnya bahwa Makassar Kota Makan Enak,” kata Danny Pomanto.

Untuk sementara, kata dia, alternatif lokasi Expo APEKSI akan digelar di Center Point of Indonesia. Sementara, pelaksanaan forumnya di Upperhills. Namun, lokasi itu belum final karena masih akan didiskusikan kembali.

Kepala Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah (Setda) Makassar, Zulfitra, mengatakan pihaknya membicarakan berkaitan lokasi acara. Selain itu, rencananya peluncuran resmi seperti apa agenda resmi Apeksi di Makassar pada Februari atau Maret.

Termasuk, kata dia, Wali Kota Makassar mengarahkan semua pihak berkoordinasi dalam pelaksanaan ini. Pasalnya ada beberapa agenda khas Makassar yang menjadi gaungnya, seperti, youth forum, pawai budaya, karnaval, hingga kampanye lingkungan.

“Apeksi ingin ada kampanye zero waste atau tidak adanya sampah plastik yang akan tinggal. Tetapi, kita sudah sampaikan bahwa F8 kemarin sudah dilakukan. Jadi, rencananya gerakannya lebih besar lagi, tidak hanya sampah plastik bahkan nonplastik pun akan didaur ulang,” bebernya.

Dia menyebut, rangkaian kegiatan Apeksi akan ditutup dengan F8.

 Komentar

 Terbaru

News16 April 2024 22:51
Pasca Libur Lebaran Idul Fitri, Pemkab Pinrang Gelar Apel Gabungan
PINRANG — Bupati Pinrang Irwan Hamid bersama Wakil Bupati Pinrang Alimin memimpin langsung Apel Gabungan dalam rangkaian Halal bi halal hari per...
Pemerintahan16 April 2024 20:38
Indira Yusuf Ismail Ajak Kolaborasi Wujudkan Makassar Terus Dua Kali Tambah Baik
MAKASSAR – Keluarga Besar Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar menggelar Halal Bihalal di hari pertama berkantor pasca Lebaran Idul Fitri 1 Sy...
Ekonomi & Bisnis16 April 2024 20:33
Verso Kursus Barista di Kota Makassar Resmi Menjadi Corporate Membership SCAI
MAKASSAR – Verso Barista Academy (VBA) adalah salah satu tempat kursus barista di Kota Makassar yang sangat populer dan telah melahirkan ratusan...
Pendidikan16 April 2024 20:21
ITB Nobel Alauddin Gagas Pengembangan Kerjasama ke Pemkot Makassar
MAKASSAR – Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Nobel menawarkan kerjasama ke Pemerintah Kota Makassar. Kerjasama tersebut dalam bidang pengemban...