Logo Lintasterkini

FGD Cek Fakta AMSI Sulsel Ungkap Perbedaan Misinformasi dan Disinformasi

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 02 Juli 2022 11:35

Peserta FGD Kurikulum Cek Fakta dan Literasi Berita sedang melaksanakan kegiatan kelompok
Peserta FGD Kurikulum Cek Fakta dan Literasi Berita sedang melaksanakan kegiatan kelompok

MAKASSAR – Misinformasi dan Disinformasi adalah istilah yang sering kita dengar di era digital. Kedua istilah kerap dikaitkan dengan informasi palsu alias Hoaks.

Namun, nyatanya kedua itulah ini memiliki perbedaan. Hal ini terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema Kurikulum Cek Fakta dan Literasi Berita yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Selatan di Hotel Royal Bay Makassar, Sabtu (2/7/2022).

Disebutkan, Misinformasi adalah informasi keliru yang tersebar atas dasar ketidaktahuan si penyebar berita itu. Sementara itu, disinformasi adalah infomasi palsu yang sengaja disebar untuk kepentingan tertentu.

Dalam FGD hari ke-2 ini, peserta diminta untuk membedah sejumlah informasi yang beredar untuk mendeteksi mana yang misinformasi dan mana yang disinformasi. FGD ini sendiri merupakan kolaborasi dari AMSI Sulsel, Cek Fakta, Internews dan Google News.

Para peserta yang hadir sebanyak 25 orang yang terdiri dari anggota DPRD Makassar, pihak Dinas Pendidikan, Dosen Perguruan Tinggi (PT) di Sulawesi Selatan, guru sekolah, perwakilan Dewan Pendidikan Makassar, perwakilan PGRI serta jurnalis.

“Adapun tujuan dilaksanakan adalah, meningkatkan pemahaman stakeholder pendidikan terutama guru tentang bahaya dis/misinformasi. Selain itu, juga kita ingin memperkuatkan pengetahuan stakeholder pendidikan terutama guru tentang bentuk dis/misinformasi dan pentingnya literasi berita (news literacy) bagi anak didik,” ujar Ketua AMSI Sulsel, Herwin Bahar.

Herwin juga mengungkapkan FGD Kurikulum ini diharapkan, dapat menciptakan ruang untuk melakukan pemetaan bersama tantangan dan peluang adopsi kurikulum Cek Fakta dan News Literacy ke dalam kurikulum sekolah. Termasuk juga membangun kolaborasi dengan stakeholder pendidikan untuk mendorong masuknya kurikulum Cek Fakta dan News Literacy ke dalam kurikulum sekolah. (*)

 Komentar

 Terbaru

News04 Februari 2023 17:14
Hari Jadi Bulukumba, Gubernur Sulsel Resmikan Ruas Batu Tongkarayya – Goa Passea
BULUKUMBA – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, meresmikan jalan ruas Batu Tongkarayya – Goa Passea, di Desa Lemba...
News04 Februari 2023 13:08
HUT Ke-8, Bank Mandiri Taspen Serahkan CSR Rp100 Juta Tangani Stunting di Makassar
MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, menghadiri rangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-8 Bank Mandiri Taspen (Mantap) bertajuk Fes...
Gaya Hidup04 Februari 2023 11:27
Penelitian Terbaru, Orang Tinggi dan Kurus Cenderung Lebih Sukses
LintasTerkini.com – Penelitian terbaru menemukan bahwa tinggi badan dapat memengaruhi kesuksesan seseorang. Menurut sebuah studi yang dipublikas...
News04 Februari 2023 08:10
Peserta Lolos Seleksi Administrasi Lelang Jabatan Sekprov Sulsel, Ini Daftar Lengkapnya
MAKASSAR – Sepuluh orang memenuhi syarat lolos seleksi administrasi lelang jabatan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Selatan (Sulsel). Pengumum...