Logo Lintasterkini

FGD Cek Fakta AMSI Sulsel Ungkap Perbedaan Misinformasi dan Disinformasi

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 02 Juli 2022 11:35

Peserta FGD Kurikulum Cek Fakta dan Literasi Berita sedang melaksanakan kegiatan   kelompok
Peserta FGD Kurikulum Cek Fakta dan Literasi Berita sedang melaksanakan kegiatan kelompok

MAKASSAR – Misinformasi dan Disinformasi adalah istilah yang sering kita dengar di era digital. Kedua istilah kerap dikaitkan dengan informasi palsu alias Hoaks.

Namun, nyatanya kedua itulah ini memiliki perbedaan. Hal ini terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema Kurikulum Cek Fakta dan Literasi Berita yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Selatan di Hotel Royal Bay Makassar, Sabtu (2/7/2022).

Disebutkan, Misinformasi adalah informasi keliru yang tersebar atas dasar ketidaktahuan si penyebar berita itu. Sementara itu, disinformasi adalah infomasi palsu yang sengaja disebar untuk kepentingan tertentu.

Dalam FGD hari ke-2 ini, peserta diminta untuk membedah sejumlah informasi yang beredar untuk mendeteksi mana yang misinformasi dan mana yang disinformasi. FGD ini sendiri merupakan kolaborasi dari AMSI Sulsel, Cek Fakta, Internews dan Google News.

Para peserta yang hadir sebanyak 25 orang yang terdiri dari anggota DPRD Makassar, pihak Dinas Pendidikan, Dosen Perguruan Tinggi (PT) di Sulawesi Selatan, guru sekolah, perwakilan Dewan Pendidikan Makassar, perwakilan PGRI serta jurnalis.

“Adapun tujuan dilaksanakan adalah, meningkatkan pemahaman stakeholder pendidikan terutama guru tentang bahaya dis/misinformasi. Selain itu, juga kita ingin memperkuatkan pengetahuan stakeholder pendidikan terutama guru tentang bentuk dis/misinformasi dan pentingnya literasi berita (news literacy) bagi anak didik,” ujar Ketua AMSI Sulsel, Herwin Bahar.

Herwin juga mengungkapkan FGD Kurikulum ini diharapkan, dapat menciptakan ruang untuk melakukan pemetaan bersama tantangan dan peluang adopsi kurikulum Cek Fakta dan News Literacy ke dalam kurikulum sekolah. Termasuk juga membangun kolaborasi dengan stakeholder pendidikan untuk mendorong masuknya kurikulum Cek Fakta dan News Literacy ke dalam kurikulum sekolah. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 23:05
Pembukaan Kalla Toyota Expo, Pengunjung Membeludak Ingin Melihat Rangga
MAKASSAR – Toyota Expo by Kalla Toyota resmi dibuka. Pameran otomotif kali ini hadir dengan tema Rangga, Ekspresikan Dirimu. Event kali ini akan...
Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 22:57
HUT ke-54 Astra Motor Manjakan Konsumen dengan Promo Menarik
JAKARTA – Astra Motor selaku Main Dealer motor Honda berikan berbagai promosi menarik bagi konsumen setia pada perayaan hari ulang tahun (HUT) k...
Hukum & Kriminal15 Juni 2024 22:53
Kelanjutan Kasus Dugaan Pencabulan Caleg Terpilih Di Pinrang Menunggu Hasil Gelar Perkara
PINRANG — kasus dugaan pencabulan yang menyeret KA, seorang Caleg Terpilih di Kabupaten Pinrang masih terus berlanjut dan didalami penyidik Unit...
News15 Juni 2024 20:04
Lebaran Iduladha, Dishub Makassar Siapkan Rekayasa Lalu Lintas dan Ratusan Personel
MAKASSAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar proaktif dalam persiapan personel dan rekayasa lalu lintas dalam menghadapi perayaan Lebaran...