Logo Lintasterkini

FGD Cek Fakta AMSI Sulsel Ungkap Perbedaan Misinformasi dan Disinformasi

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 02 Juli 2022 11:35

Peserta FGD Kurikulum Cek Fakta dan Literasi Berita sedang melaksanakan kegiatan kelompok
Peserta FGD Kurikulum Cek Fakta dan Literasi Berita sedang melaksanakan kegiatan kelompok

MAKASSAR – Misinformasi dan Disinformasi adalah istilah yang sering kita dengar di era digital. Kedua istilah kerap dikaitkan dengan informasi palsu alias Hoaks.

Namun, nyatanya kedua itulah ini memiliki perbedaan. Hal ini terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema Kurikulum Cek Fakta dan Literasi Berita yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Selatan di Hotel Royal Bay Makassar, Sabtu (2/7/2022).

Disebutkan, Misinformasi adalah informasi keliru yang tersebar atas dasar ketidaktahuan si penyebar berita itu. Sementara itu, disinformasi adalah infomasi palsu yang sengaja disebar untuk kepentingan tertentu.

Dalam FGD hari ke-2 ini, peserta diminta untuk membedah sejumlah informasi yang beredar untuk mendeteksi mana yang misinformasi dan mana yang disinformasi. FGD ini sendiri merupakan kolaborasi dari AMSI Sulsel, Cek Fakta, Internews dan Google News.

Para peserta yang hadir sebanyak 25 orang yang terdiri dari anggota DPRD Makassar, pihak Dinas Pendidikan, Dosen Perguruan Tinggi (PT) di Sulawesi Selatan, guru sekolah, perwakilan Dewan Pendidikan Makassar, perwakilan PGRI serta jurnalis.

“Adapun tujuan dilaksanakan adalah, meningkatkan pemahaman stakeholder pendidikan terutama guru tentang bahaya dis/misinformasi. Selain itu, juga kita ingin memperkuatkan pengetahuan stakeholder pendidikan terutama guru tentang bentuk dis/misinformasi dan pentingnya literasi berita (news literacy) bagi anak didik,” ujar Ketua AMSI Sulsel, Herwin Bahar.

Herwin juga mengungkapkan FGD Kurikulum ini diharapkan, dapat menciptakan ruang untuk melakukan pemetaan bersama tantangan dan peluang adopsi kurikulum Cek Fakta dan News Literacy ke dalam kurikulum sekolah. Termasuk juga membangun kolaborasi dengan stakeholder pendidikan untuk mendorong masuknya kurikulum Cek Fakta dan News Literacy ke dalam kurikulum sekolah. (*)

 Komentar

 Terbaru

News29 September 2022 16:13
Fatma Wahyudin Minta Ojol Day Setiap Selasa Ditinjau Ulang
MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Fatma Wahyudin meminta penerapan Ojol Day setiap Selasa untuk ditinjau ulang. Khususnya pemberlakuannya u...
News29 September 2022 15:21
Operasi Zebra 2022, Ini Tujuh Prioritas Pelanggaran
MAKASSAR – Polri kembali melaksanakan operasi Zebra 2022. Pelaksanaannya mulai pada 3 Oktober hingga 16 Oktober 2022, serentak di seluruh Indone...
Hukum & Kriminal29 September 2022 14:04
Dikejar OTK Pakai Busur, Dua Remaja di Makassar Luka Serius
MAKASSAR – Nasib nahas menimpa dua remaja yakni RR (18) dan W (18). Keduanya mengalami luka akibat terjatuh dari motor setelah dikejar OTK (oran...
News29 September 2022 08:26
Pemkot Makassar Siapkan 53 Unit Kendaraan Damtor
MAKASSAR – Pemkot Makassar bakal menyediakan kendaraan pemadam kebakaran motor (damtor). Penyediaannya melalui Dinas Pemadam kebakaran dengan ma...