Logo Lintasterkini

Cara Instan Mengatasi Asam Lambung Naik saat Sibuk

Redaksi
Redaksi

Selasa, 02 Juli 2024 08:10

(Foto: Getty Images/iStockphoto/peterschreiber.media)
(Foto: Getty Images/iStockphoto/peterschreiber.media)

LintasTerkini.com – Asam lambung yang naik atau yang sering disebut GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan, menyebabkan sensasi terbakar di dada atau rasa tidak nyaman.

Bagi orang yang sibuk, terutama mereka yang memiliki mobilitas tinggi, kondisi ini bisa menjadi sangat mengganggu dan mempengaruhi produktivitas. Berikut adalah beberapa cara instan yang bisa membantu mengatasi asam lambung naik saat sedang sibuk.

1. Konsumsi Air Putih
Minum segelas air putih bisa membantu menetralkan asam lambung. Air akan membantu membersihkan kerongkongan dari asam yang naik dan juga bisa membantu mengencerkan asam lambung di dalam perut.

2. Mengunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet tanpa gula dapat merangsang produksi air liur. Air liur yang diproduksi akan membantu menetralkan asam lambung dan mempercepat pengosongan lambung. Pastikan memilih permen karet tanpa gula untuk menghindari risiko kesehatan lainnya.

3. Hindari Makanan Pemicu
Selama masa sibuk, hindari makanan yang bisa memicu asam lambung naik seperti makanan pedas, berminyak, berlemak, cokelat, dan minuman berkafein atau beralkohol. Pilihlah makanan yang ringan dan mudah dicerna seperti buah-buahan segar, sayuran, dan yogurt.

4. Posisi Duduk yang Benar
Jika asam lambung mulai naik saat Anda sedang duduk bekerja, pastikan untuk duduk dengan posisi tegak. Posisi duduk yang salah bisa menekan perut dan mendorong asam lambung naik ke kerongkongan. Jika memungkinkan, berdirilah sejenak atau berjalan-jalan untuk membantu mengurangi tekanan pada perut.

5. Konsumsi Antasida
Antasida adalah obat yang bisa menetralisir asam lambung dengan cepat. Pastikan Anda memiliki antasida yang selalu siap di meja kerja atau di dalam tas. Namun, penggunaan antasida sebaiknya tidak berlebihan dan harus sesuai dengan petunjuk dokter atau yang tertera di kemasan obat.

6. Makan dalam Porsi Kecil
Mengatur pola makan menjadi porsi kecil namun lebih sering bisa membantu mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan. Hindari makan dalam porsi besar sekaligus karena hal ini bisa memicu naiknya asam lambung.

7. Hindari Berbaring setelah Makan
Setelah makan, hindari berbaring atau tidur setidaknya selama 2-3 jam. Berbaring segera setelah makan bisa membuat asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan. Jika sangat perlu beristirahat, cobalah untuk tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi menggunakan bantal tambahan.

8. Perbanyak Konsumsi Serat
Makanan yang kaya serat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian bisa membantu memperlancar sistem pencernaan dan mengurangi risiko naiknya asam lambung. Sertakan makanan berserat dalam menu harian Anda untuk menjaga kesehatan lambung.

Kesimpulan
Mengatasi asam lambung naik saat sibuk memang memerlukan tindakan cepat dan tepat. Dengan menerapkan beberapa cara instan di atas, diharapkan Anda bisa tetap produktif tanpa terganggu oleh masalah asam lambung. Namun, jika masalah ini berlanjut atau semakin parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Selalu jaga kesehatan lambung Anda dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat agar terhindar dari masalah asam lambung yang mengganggu.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis18 Juli 2024 19:43
Kalla Toyota Hadirkan Agya Limited Series, Angsuran 3 Jutaan dan Gratis Branding Special Edition
MAKASSAR – All New Agya menjadi salah satu kendaraan di segmen LCGC (Low-Cost Green Car) yang memiliki banyak peminat. City car ini menawarkan h...
News18 Juli 2024 18:19
Hendak Memancing di Perairan Bira Bulukumba, Tim Sar Gabungan Temukan Nelayan Hanyut di Perairan Jeneponto
MAKASSAR – H Salling (50), nelayan yang dilaporkan belum kembali melaut di perairan Bira Bulukumba akhirnya ditemukan Tim Sar Gabungan hanyut di...
News18 Juli 2024 13:59
Pelindo Regional 4 & Satgas Saber Pungli Sosialisasi Anti Korupsi di Pelabuhan
MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 bersama Satuan Tugas (Satgas) Saber Pungli Republik Indonesia menggelar Sosialisasi Penguatan...
Ekonomi & Bisnis18 Juli 2024 12:30
Tempuh ±800 Kilometer, Bank Indonesia Ajak Generasi Muda Sulawesi Selatan Perluas Digitalisasi Sistem Pembayaran
MAKASSAR – Bank Indonesia terus mengedukasi dan meningkatkan literasi masyarakat akan berbagai kebijakan dan produk digitalisasi sistem pembayar...