Logo Lintasterkini

Tawuran Meningkat, Pemkot Makassar Dinilai Gagal

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 02 September 2012 18:22

Ilustrasi/int
Ilustrasi/int

Ilustrasi/int

lintasterkini.com – Sejumlah anggota legislator menilai, pemerintah kota makassar gagal dalam melakukan pembinaan kepemudaan saat ini. salah satu indikasi meningkatnya tren tawuran antar pemuda yang terjadi saat bulan ramadhan.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Persatuan pembangunan (PPP) Kota Makassar, Busranuddin Baso Tika, mengatakan, pembinaan kepemudaan di masyarakat bukan hanya tangungjawab orang tua, tapi juga pemerintah. termasuk dalam menyikapi sejumlah aksi kekerasan yang menimbulkan kerugian materi hingga korban jiwa.

“Kami berharap pemerintah kota dan pihak kepolisian harus bertindak cepat dengan melibatkan seleuruh elemen pemerintah mulai dari RT/RW, lurah, camat serta Babinsa setempat untuk menanggani hal ini. Jika tidak, konflik ini akan semakin melebar dan meresahkan masyarakat,” jelasnya, Rabu (1/7).

Ia menegaskan, aksi tawuran menjelang salat subuh pasti ada penyebabnya, pasalnya fasilitas milik pemerintah juga ikut dirusak.”Perisitiwa seperti ini baru kali pertama terjadi, sebelumnya tidak. Sehingga saya berfikir ini ada kaitannya dengan pelaksaan pemilihan calon gubernur atau walikota,” ujarnya.

Kata dia, Pemkot harus membentuk tim khusus baik dari TNI dan kepolisian untuk mengusut apa motif di balik maraknya tawuran antar pemuda di Makassar saat ini.

“Jika dilihat dari aksi tawuran, pasti ada sesuatu dibaliknya. Peristiwa ini juga dapat dikaitkan dengan pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) maupun Pemilihan Walikota (Pilwali), Sehingga patut dipertanyakan apa obsesi merusak kantor camat,” terangnya.

Hal yang sama disampaikan, Ketua DPC PDS Makassar, Nelson Marnanse Kamisi. Menurutnya, kepolisian harus mengungkapkan tabir dibalik kejadian seperti ini. Sebab dari aksi ini menimbulkan kerugian negara. “Polisi harus mencari penyebab dan siapa dalang aksi tawuran seperti ini,” tegasnya.

Ia juga meminta, pemerintah harus mampu memberikan contoh yang baik, khususnya menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah. “Semua calon yang bertemu tetap melakukan melakukan silaturahmi seperti cipika-cipiki, tapi basis pendukungnya bentrok dan saling serang. Inilah bukti keburukan demokrasi kita saat ini,”paparnya.(RS6/RS1/C)

 Komentar

 Terbaru

Nasional24 Oktober 2024 20:04
Bakamla RI Intercept China Coast Guard Coba Masuk Kembali ke Wilayah Yurisdiksi Indonesia
Berselang satu hari, Kapal China Coast Guard (CCG) 5402 kembali memasuki wilayah Yurisdiksi Indonesia, tepatnya di Laut Natuna Utara, pada Kamis (24/1...
Pemerintahan24 Oktober 2024 18:12
Bupati Adnan Minta Alat Kelengkapan Dewan Segera Dibentuk
GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pimpi...
Pendidikan24 Oktober 2024 18:06
FK Unhas-LUMC Belanda Gelar Research Internship 2024, Fokus Penelitian Infeksi pada Siswa SD di Kota dan Desa
MAKASSAR -Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK UNHAS) kembali menggelar program Research Internship 2024 sebagai bagian dari kerjasama denga...
Pemerintahan24 Oktober 2024 16:30
Pjs Wali Kota Makassar Ucapkan Selamat Kepada Anggota DPRD Baru, Tekankan Amanah dan Tanggung Jawab
MAKASSAR – Pjs Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis, menyampaikan ucapan selamat kepada anggota DPRD Makassar yang baru saja dilantik dalam Rapat...