Logo Lintasterkini

Jubir Presiden Puji Program Digitalisasi Pasar di Makassar, Bisa Tingkatkan Level Pedagang

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Kamis, 02 September 2021 18:59

Jubir Presiden RI Fadjroel Rachman didampingi Derektur Operasional Perumda Pasar Makassar Saharuddin Ridwan meninjau program digitalisasi pasar di Pasar Maricaya, Kamis (2/9/2021).
Jubir Presiden RI Fadjroel Rachman didampingi Derektur Operasional Perumda Pasar Makassar Saharuddin Ridwan meninjau program digitalisasi pasar di Pasar Maricaya, Kamis (2/9/2021).

MAKASSAR — Juru Bicara (Jubir) Presiden RI Jokowi Widodo, Fadjroel Rachman memuji inovasi Perumda Pasar Makassar di tengah pandemi Covid-19. Mampu meningkatkan level pedagang.

Hal tersebut ia sampaikan saat berkunjung ke Pasar Maricaya, Jalan Veteran Selatan, Kamis (2/9/2021). Fadjroel didampingi Direktur Operasional Perumda Pasar Makassar, Saharuddin Ridwan dan Senior Manager PPGR Gojek Indonesia Timur, Mohammad Khomeiny.

Fadjroel menyampaikan, apa yang dilakukan Perumda Pasar demi meningkatkan penjualan di tengah pandemi sudah bagus. Bahkan ia mengaku kagum dengan Inovasi transaksi digital melalui Baruga Pasar.

“Ini inovasi bagus yang dikerjakan oleh PD Pasar, selama pandemi ini kan memang frekuensi orang untuk datang itu kan berkurang,” jelasnya.

“Sekarang dengan memanfaatkan digital itu bisa membantu karena orang sekarang bisa memesan disini sehingga meningkatkan pertumbuhan penjualan yang ada di sini,” sambung Fadjroel.

Kata Fadjroel, digitalisasi yang sejauh ini dilakukan Perumda Pasar sejalan dengan arahan pemerintah pusat. Pihaknya meyakini konsistensi dalam menjalankan program ini mampu lebih mendongkrak penjualan pedagang.

“Inisiatif yang dikerjakan Perumda Pasar ini di Kota Maksssar melalui Baruga Pasar, menurut saya inovasi yang sesuai dengan harapan Presiden Jokowi, sesuai harapan Menteri Koperasi dan UMKM,” sambung pria yang sebentar lagi menjadi Dubes RI untuk Kazakhstan ini.

Selain Baruga Pasar, program digitalisasi yang dikembangkan Perumda Pasar Makassar yakni sistem pemesanan melalui Go Shop. Senior Manager PPGR Gojek Indonesia Timur, Mohammad Khomeiny juga menjelaskan cara kerjanya ke Fadjroel.

Sementara itu, Dirops Perumda Pasar Makassar, Saharuddin Ridwan mengaku jika pihaknya berkomitmen terus menghadirkan inovasi. Seperti transaksi digital akan terus dikembangkan.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini kan ada aturannya toh, seperti dilarang berkerumun, pembatasan pembukaan pasar, protokol kesehatan harus ketat. Sehingga untuk meningkatkan pelayanan supaya membeli, kita buat digitalisasi pembayaran,” ucapnya.

“Jadi ada belanja online dan offline. Kalau belanja online, salah satunya juga kita sudah berkerjasama dengan marketplace, Tokopedia. Kita memberikan pelayanan ke masyakarat tanpa harus pasar,” tukas Sahar.(*)

 Komentar

 Terbaru

News20 September 2021 14:25
Kapolda Sulsel Tinjau Vaksinasi di SMAN 11 Makassar
Vaksinasi yang dilaksanakan ini berjalan dengan lancar dengan menargetnya sekira 1.600 vaksinasi kepada siswa gabungan dari beberapa sekolah. "Beberap...
Hukum & Kriminal20 September 2021 11:55
Hanya Gegara Korek, Oknum RT Aniaya Mahasiswa dan Sekretariatnya
Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Ahmad Rizal mengatakan, kejadiannya berawal dari pelaku datang menemui korban meminta korek. Namun karena pada sa...
News20 September 2021 00:04
Perda Kepemudaan Lahirkan Pemuda yang Beriman
“Jadi tujuan perda ini, pemerintah ingin membentuk pemuda yang tangguh dengan katakteristik religius, berkreasi atau berinovasi,” jelas Budi Hastu...
News19 September 2021 22:18
Kebakaran di Jalan Haji Kalla 2 Makassar, Sejumlah IRT Sempat Histeris
Kebakaran terjadi di Jalan Haji Kalla 2, Campagayya Kelurahan Panaikang Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Minggu (19/9/2021) sekira pukul 19.13 wi...