Logo Lintasterkini

SBY akan ke Amerika untuk Pengobatan Kanker Prostat, Biaya Ditanggung Negara

Maulana Karim
Maulana Karim

Selasa, 02 November 2021 23:49

Mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. (Istimewa).
Mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. (Istimewa).

JAKARTA– Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), akan berangkat ke luar negeri tepatnya di Amerika Serikat (AS), untuk berobat setelah didiagnosis mengalami kanker prostat.

Jika merujuk pada aturan, biaya pengobatan juga termasuk fasilitas yang diterima oleh mantan Presiden ditanggung oleh negara.

Dilansir dari Detik.com, Selasa (2/11/2021), aturan terkait biaya pengobatan mantan presiden ini diatur dalam UU No 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden Serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden. Aturan biasanya ini diatur dalam Pasal 7.

Dalam Pasal 7 ayat c, mantan presiden mendapat biaya perawatan kesehatan full.

Pasal 7
Selain dari pensiun pokok sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (2) kepala bekas Presiden dan bekas Wakil Presiden diberikan pula:
a. tunjangan-tunjangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan mengenai pensiun yang berlaku bagi Pegawai Negeri;
b. biaya rumah tangga yang berkenaan dengan pemakaian air, listrik, dan telepon;
c. seluruh biaya perawatan kesehatannya serta keluarganya.

Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan mengatakan, pendiri Partai Demokrat itu telah memberitahukan kabar kondisi kesehatannya tersebut kepada presiden Joko Widodo (Jokowi). SBY menghubungi Jokowi untuk melaporkan rencananya berobat ke luar negeri.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarif Hasan, mengemukakan, SBY akan berangkat ke AS dengan ditemani keluarganya. SBY Berobat Kanker Prostat ke Mayo Clinic.

“Beliau akan melakukan perawatan kesehatan sekaligus pengecekan kesehatan di US. Rencananya mau berangkat hari ini,” kata anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (2/11/2021).

SBY akan berobat tepatnya di Minneapolis. Dari wilayah tersebut masih 1,5 jam untuk sampai ke Mayo.

“Di US, di Mayo ya, di dekat, di Minneapolis ya. Dari Minneapolis itu 1,5 jam lagi di Mayo. Itu khusus untuk cancer,” ungkap Syarief.

Wakil Ketua MPR RI ini juga memastikan kerja politik Partai Demokrat tidak terganggu. Sebab, AHY yang langsung memimpin Partai Demokrat.

“Nggak (ganggu kerja politik Demokrat), karena sudah di-take langsung oleh Mas AHY,” ujarnya.

Diketahui, SBY telah menjalani berbagai pemeriksaan, di antaranya melalui metode MRI, biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan, dan pemeriksaan lainnya. Hasilnya, kanker prostat yang diidap SBY dalam stadium awal.

 Komentar

 Terbaru

News29 November 2021 23:43
Sejumlah ASN Pemkab Pinrang Teridentifikasi Menerima Bansos
PINRANG — Berdasarkan data yang telah dirilis Kemensos, terdapat 31.624 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut menerima Bantuan Sosial (Bansos) y...
Peristiwa29 November 2021 23:26
Empat Pekerja Tambang Pasir Di Pinrang Terseret Arus Sungai Saddang
PINRANG – Nasib naas menimpa empat pekerja tambang pasir di Kabupaten Pinrang. Pasalnya, keempat warga Lasape Desa Katomporang Kecamatan Duampan...
Hukum & Kriminal29 November 2021 23:17
Palu Sidang Diketok, Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara
Sidang untuk kasus dugaan tindak pidana korupsi terhadap terdakwa Nurdin Abdullah akhirnya masuk pada pembacaan vonis, Senin (29/11/2021). Majelis hak...
News29 November 2021 23:03
Peringati HUT Ke – 58, Yonif 721 Mks Gelar Khitanan Massal
PINRANG — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke – 58, Batalyon Infanteri (Yonif) 721 Makassau (Mks) menggelar kegiatan Bakti...