Logo Lintasterkini

SAR Temukan Sembilan Pendaki Gunung Bawakaraeng Selamat

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 03 Januari 2013 19:50

ist
ist

ist

MAKASSAR – Humas Search and Rescue (SAR) Sulawesi Selatan Hamsidar mengatakan, sebanyak sembilan mahasiswa yang mendaki Gunung Bawakaraeng telah ditemukan dalam kondisi selamat.

“Kesembilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi itu, melakukan pendakian untuk momentum pergantian tahun, namun akibat cuaca esktrem akhirnya menghilang (terpisah) dari rombongannya,” kata Hamsidar di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, dari sembilan mahasiswa tersebut terdapat tiga orang mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) dan seorang alumni UGM, sedang sisanya dari Universitas Hasanuddin, Makassar dan perguruan tinggi lainnya di Makassar dengan total 15 orang mahasiswa.

Menurut dia, tim pencarian dan pertolongan (SAR) bersama masyarakat setempat menemukan kesembilan mahasiswa itu di antara pos lima dan pos enam Gunung Bawakaraeng. “Mahasiswa yang ditemukan dalam kondisi lemas itu akhirnya dibawa ke desa terdekat di Desa Lembanna, Kabupaten Gowa, Sulsel,” katanya.

Dia mengatakan, kelompok pendaki itu semula melintas dari Gunung Lompo Battang ke Gunung Bawakaraeng. Namun karena pengaruh cuaca ekstrem, hujan badai dan kabut, akhirnya kehilangan arah.

Kasus hilangnya pendaki di Gunung Bawakaraeng yang berada di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulsel bukan yang pertama kalinya.

Kasus serupa kerap terjadi bahkan menelan korban jika kondisi alam kurang bersahabat. Apalagi medan di posko bagian atas Gunung Bawakaraeng dikenal cukup sulit, sehingga pendaki pemula perlu dikawal oleh anggota SAR atau pemuka adat setempat. (ant)

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa20 Mei 2022 02:24
Lansia Tewas Setelah Dipergoki Mencuri di Areal Tambang di Bantaeng, Tiga Polisi Diperiksa
Nasib malang menimpa seorang pria lanjut usia (lansia) bernama Nuru Saali (78) di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kabarnya, ia tewas us...
News19 Mei 2022 23:55
Pelat Palsu Marak Beredar di Sulsel, Ada Pembiaran?
Aturan pemberlakukan tersebut memang sudah ada yakni mengacu pada Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi (Reg...
News19 Mei 2022 22:47
Bupati Pinrang Terpilih Memberikan Testimoni Di Rakornas BAN S/M
MAKASSAR — Bupati Pinrang, Irwan Hamid bersama Bupati Gowa dan Bupati Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah diundang dan terpilih untuk memberikan t...
Hukum & Kriminal19 Mei 2022 22:43
Berdamai, Ini Syarat Yang Diajukan Pelajar Korban Penganiayaan Di Pinrang Yang Videonya Viral Di Medsos
PINRANG – Penganiayaan yang dilakukan seorang pelajar laki-laki SMA Negeri 9 Cempa Kabupaten Pinrang terhadap. seorang pelajar perempuan tyang t...