Logo Lintasterkini

Tak Miliki IMB, Dinas Penataan Ruang Surati Kontraktor Hentikan Pembangunan Twin Tower

Budi S
Budi S

Rabu, 03 Maret 2021 21:20

Rancangan Pembangunan Twin Tower
Rancangan Pembangunan Twin Tower

MAKASSAR – Dinas Penataan Ruang Makassar bergerak cepat menindak lanjuti kebijakan Wali Kota Moh Ramdhan “Danny” Pomanto. Menyikapi persoalan pembangunan Menara Kembar atau Twin Tower.

Bahkan, dinas terkait telah menerbitkan surat teguran. Ditujukan kepada pihak kontraktor PT Waskita.

Surat itu ditandatangani langsung Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Penataan Ruang, Husni Mubarak per tanggal 3 Maret 2021. Bernomor 048/085/Distaru/III/2021. Perihal teguran untuk menghentikan segala aktivitas pembangunan.

Husni melalui surat itu tegas menyatakan, akan melakukan tindakan penertiban jika pihak kontraktor mengindahkan surat teguran tersebut.

“Bilamana dalam tenggang waktu dua hari kalender terhitung sejak tanggal diterimanya surat ini, jika saudara tidak mengindahkan surat penyampaian ini maka berdasarkan Perwali nomor 25 tahun 2014 tentang penertiban bangunan, Pemkot Makassar akan melakukan tindakan penertiban bangunan tanpa menuntut ganti rugi,” tulisnya dalam surat itu.

Menurut Husni, pembangunan Twin Tower di kawasan Reklamasi Center Point of Indonesia (CPI) itu tidak memiliki surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sehingga proyek gagasan Gubernur Sulsel (non aktif) Nurdin Abdullah tersebut terpaksa harus dihentikan. Jika tidak, akan dibongkar.

“Suratnya sudah kita serahkan tadi. Kami akan tinjau lagi tiga hari ke depan di lokasi. Jika masih ada aktivitas, kami akan bertindak,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Penertiban Bangunan, Karyadi mengaku telah turun meninjau langsung kegiatan pembangunan di lokasi, Rabu tadi (03/03/2021). Yang nyatanya, konstruksi pembangunan juga berada di lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Hari ini kegiatan kita melakukan kunjungan memastikan aktivitas di sini. Ada instruksi pimpinan sehingga kami jalankan. Setelah kemarin lisan soal pembangunan twin tower, belum memiliki izin,” jelasnya.

“Dan hasil peninjauan Dinas Penataan ruang kota Makassar tanggal 2 Maret 2021. Pembangunan Twin Tower ini, konstruksinya berada di lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berdasarkan Undang-undang dan peraturan daerah (Perda),” terang Karyadi menambahkan.

Dia menjelaskan, jika penertiban ini dilakukan merujuk pada undang-undang nomor 8 tahun 2002 tentang bangunan gedung dan Perda nomor 4 tahun 2015 tentang rencana tata ruang dan wilayah.

Juga berdasarkan Perwali nomor 60 tahun 2015 tentang penyelenggaraan pelayanan perizinan terpadu satu pintu.(*)

 Komentar

 Terbaru

Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Hukum & Kriminal20 April 2021 21:22
Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Kapolres Barru, AKBP Gregorius Liliek Tribhawoni Iryanto membenarkan perihal laporan itu....
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Pemerintahan20 April 2021 20:44
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Konstribusi perusda masih rendah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga perlu penyegaran. Diawali dengan tahap evaluasi kinerja seluruh direk...
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
News20 April 2021 20:12
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
Dalam keterangannya, Risma menyebut, jika kondisi tiga korban mulai membaik. Hanya saja masih membutuhkan perawatan lanjutan....
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
News20 April 2021 19:41
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
Peran keenam Imigran tersebut sebagai provokator. Berupaya menghalang-halangi petugas saat hendak mengamankan motor di Wisma KPI....