Logo Lintasterkini

Wamenkes: Melawan Pandemi COVID-19 Dibutuhkan Kegotong-royongan

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Rabu, 03 Maret 2021 02:03

Wakil Menteri Kesehatan, dr. Dante Saksono.
Wakil Menteri Kesehatan, dr. Dante Saksono.

JAKARTA — Berbagai upaya penanggulangan penyebaran pandemi COVID-19 di Indonesia telah dilakukan oleh pemerintah bersama-sama masyarakat. Memang dalam upaya melawan pandemi ini, dibutuhkan sinergitas dan kegotong-royongan agar Indonesia bisa segera melalui masa-masa sulit seperti kondisi saat ini.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), dr. Dante Saksono Harbuwono Sp.PD, Ph.D, KEMD, Selasa (2/3/2021) menyampaikan iintervensi kesehatan yang diupayakan pemerintah melalui program vaksinasi adalah satu bagian dari tiga pilar utama. Ia menyebutkan, yang pertama adalah peran serta masyarakat menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

Selain vaksinasi, dr. Dante menegaskan akan memperkuat upaya lainnya, Upaya yang dilakukan yakni proses tracing juga akan dikuatkan di tingkat puskesmas dengan mengerahkan semua elemen misalnya para kader, babinsa, babinkamtibmas.

“Stigma masyarakat juga penting karena masih ada rasa takut atau merasa dikucilkan ketika pasien didiagnosis positif COVID-19, ini kendala kita bersama,” ujar dr. Dante.

Menurut dr. Dante, pemerintah sudah membagikan 700 ribu tes rapid antigen ke puskesmas di seluruh Indonesia, Kemudian akan datang lagi 1 juta alat tes rapid antigen yang akan dibagikan ke puskesmas-puskesmas.

“Nantinya masyarakat bisa mendapatkan pemeriksaan gratis di puskesmas apabila memang kontak erat dengan pasien COVID-19,” ujarnya.

Wakil Menteri Kesehatan ini yakin akan melalui pandemi ini di Indonesia. Optimismenya sangat beralasan, pandemi akan dilalui kalau masyarakat dan pemerintah bisa bersama-sama dan membudayakan budaya positif agar tidak lelah, tidak patah semangat, terus optimistis. (*)

 Komentar

 Terbaru

Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Hukum & Kriminal20 April 2021 21:22
Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Kapolres Barru, AKBP Gregorius Liliek Tribhawoni Iryanto membenarkan perihal laporan itu....
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Pemerintahan20 April 2021 20:44
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Konstribusi perusda masih rendah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga perlu penyegaran. Diawali dengan tahap evaluasi kinerja seluruh direk...
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
News20 April 2021 20:12
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
Dalam keterangannya, Risma menyebut, jika kondisi tiga korban mulai membaik. Hanya saja masih membutuhkan perawatan lanjutan....
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
News20 April 2021 19:41
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
Peran keenam Imigran tersebut sebagai provokator. Berupaya menghalang-halangi petugas saat hendak mengamankan motor di Wisma KPI....