Logo Lintasterkini

Prodi SSA UIN Aluddin Perkuat Perjumpaan Lintas Iman-Kajian Moderasi Beragama

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Senin, 03 Mei 2021 12:43

Mahasiswa Prodi Studi Agama-agama UIN Alauddin Makassar
Mahasiswa Prodi Studi Agama-agama UIN Alauddin Makassar

MAKASSAR — Program Studi (Prodi) Studi Agama-agama Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar terus berbenah. Usai meraih akreditasi A dari BAN-PT.

Pembenahan ini dilakukan sebagai upaya untuk lebih mengenalkan Prodi Studi Agama-agama kepada masyarakat.

Dua hal utama pembenahan tersebut adalah memperkuat simpul perjumpaan lintas iman dan juga penguatan kajian moderasi agama.

Penguatan simpul perjumpaan lintas iman di antaranya dilakukan dengan memperbaharui kerja sama dengan Sekolah Tinggi Teologia (STT) Intim Makassar.

Beberapa waktu sebelumnya (10/4/2021), dosen dan mahasiswa Prodi Studi Agama-agama mengunjungi STT Intim Makassar sebagai salah satu tempat pelaksanaan Praktikum Kompetensi Mahasiswa SAA.

Di sini, mahasiswa Prodi Studi Agama-agama belajar langsung tentang Kekristenan dari ahlinya. Ketua STT Intim Makassar, Pendeta. Dr. Lidya Kambo Tandirerung sangat mengapresiasi kunjungan ini.

Selain itu, juga menginisiasi terbentuknya Forum Perjumpaan. Forum ini dibentuk merespon keinginan masyarakat yang peduli pada isu perjumpaan lintas iman pada acara diskusi buku berjudul, I am Christian I love Muslim (18/4/2021).

Kajian tentang moderasi beragama juga menjadi menjadi fokus dari Prodi Studi Agamaa-gama. Hal ini dikarenakan isu moderasi beragama dianggap sejalan dengan salah satu fokus kajian studi agama. Saat ini, beberapa skripsi yang dilaksanakan oleh mahasiswa Studi Agama terkait dengan isu moderasi baik itu di sekolah umum, di pondok pesantren dan juga dalam filem.

Sebelumnya, pengabdian masyarakat yang dilakukan juga menjadikan isu moderasi beragama sebagai tema pengabdiannya.

Pengabdian Prodi Studi Agama-agama di Kelurahan Lanna, Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa (1/4/2021), dilakukan dengan mengkampanyekan semangat moderasi beragama di kalangan masyarakat desa.

Ke depannya, kampanye moderasi beragama juga akan dilakukan dengan melakukan kunjungan ke sekolah sekolah di Makassar dan sekitanrnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

3 Mahasiswa Unibos Terima Pendanaan PKM 2021
Dunia Kampus06 Mei 2021 17:12
3 Mahasiswa Unibos Terima Pendanaan PKM 2021
MAKASSAR — Tiga mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos) kembali terima pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Adapun skema yang didapatkan ial...
Sabri Cs Resmi Dicopot-Diberhentikan Sementara dari ASN
News06 Mei 2021 16:57
Sabri Cs Resmi Dicopot-Diberhentikan Sementara dari ASN
MAKASSAR — Surat keputusan (SK) pencopotan dan pemberhentian sementara Sabri cs yang tertangkap terkait narkoba sudah ditanda tangani Wali Kota Maka...
Gaji Guru Kontrak Makassar Ternyata Cair Maret-April, Bukan Januari-Februari
News06 Mei 2021 16:27
Gaji Guru Kontrak Makassar Ternyata Cair Maret-April, Bukan Januari-Februari
“Gaji guru saya sudah rapat. Ternyata Maret-April sudah dibayarkan. Tidak benar itu kalau Januari-Februari. Tidak ada dasarnya,” ucap dia....
Pengamanan Idulfitri, Polrestabes Siap Bubarkan Konvoi Malam Takbiran
News06 Mei 2021 15:39
Pengamanan Idulfitri, Polrestabes Siap Bubarkan Konvoi Malam Takbiran
MAKASSAR — Polrestabes Makassar sudah mengeluarkan larangan konvoi atau takbir keliling. Siap dibubarkan jika ditemukan di jalan. Kapolrestabes Maka...