Logo Lintasterkini

Gambar Sertifikat Vaksin Jokowi yang Beredar di Medsos Dipastikan Asli

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 03 September 2021 20:57

ambar sertifikat vaksin Jokowi yang tersebar di media sosial Asli
ambar sertifikat vaksin Jokowi yang tersebar di media sosial Asli

JAKARTA – Pakar keamanan siber dari CISSRec, Pratama Persadha, membenarkan keaslian gambar sertifikat vaksin Presiden Joko Widodo yang tersebar di jagad maya.

“Asli,” kata Pratama saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat (3/9/2021) dikutip dari sindonews.com.

Lebih lanjut Pratama menyebut bahwa data Presiden RI, Joko Widodo bisa didapat dengan mudah dari mana saja,termasuk dari KPU daerah ataupun pusat.

“Misalkan bisa kita ambil tentang presiden yang beberapa kali mengikuti kontestasi pilkada maupun pemilu dari tahun 2005. Itu artinya data presiden sudah ada di KPU daerah maupun juga di pusat,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika dirunut, data administrasi Jokowi di daerah sesuai dengan KTP.

“Pastinya dalam proses administrasi ada berkas fotokopi KTP dan KK yang orang pegawai daerah sudah tahu,” terangnya.

Lalu saat mengetik KTP Joko Widodo di pencarian Google, sudah muncul banyak arsipnya di internet. Jadi, bukan hal yang mengejutkan bahwa publik bisa mendapatkan data nomor KTP Jokowi.

Belum lagi, kebocoran data yang sangat masif di Tanah air beberapa tahun terakhir ini.

“Dari beberapa kebocoran KPU atau BPJS Kesehatan, kita bisa langsung mengecek nama presiden pada database tersebut.” pungkasnya.

Sebagai informasi, foto sertifikat vaksinasi Covid-19 dengan tulisan Ir Joko Widodo beredar di lini masa Twitter.Tampilannya seperti umumnya sertifikat vaksin yang kita dapatkan.

Di situ tertulis nama Ir Joko Widodo , lengkap dengan NIK dan tanggal lahir, nomor ID vaksinasi, tanggal vaksinasi, QR Code dan lainnya.

Sertifikat tersebut tertulis bahwa sudah melakukan vaksinasi dosis kedua, sehingga sertifikat dikeluarkan pada tanggal 27 Januari 2021. (*)

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa18 September 2021 08:57
Rumah Sekaligus Bengkel Terbakar di Paccerakkang, Kerugian Capai Rp 200 Juta
Satu unit rumah yang juga merupakan bengkel hangus terbakar di BTN Mangga Tiga, Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Jumat (17/9/...
News17 September 2021 19:23
Ini Harapan Ketua PMI Makassar di HUT PMI Ke-76 Tahun
MAKASSAR – Memperingati hari palang merah Indonesia (PMI) ke-76, PMI Makassar mengikuti upacara bersama PMI pusat yang dilaksanakan secara virtu...
Nasional17 September 2021 16:57
Kompolnas Dorong Polri Terapkan Layanan Berbasis Online di Bidang Lalu Lintas
MAKASSAR– Demi memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan polisi Lalu Lintas secara online, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong ...
News17 September 2021 16:38
Jelang HUT Lantas Ke-66 Tahun, Satuan Lantas Polrestabes Makassar Kunjungi Rumah Kumuh
MAKASSAR – Dalam rangka menyambut HUT Lantas yang ke 66 Tahun, Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Andi Kumara mengandeng komunitas Vespa un...